Jelang Idul Adha 2017 :Asops Polri dan Kakorlantas Cek kesiapan Jalur Mudik

IMG-20170829-WA0066

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jateng, Dalam rangka menjelang libur panjang dan pengamanan hari Raya Idul Adha 2017, Asisten Operasi Polri, Irjen Pol M Iriawan yang didampingi Kakorlantas, Irjen Pol Royke Lumowa dan sejumlah pejabat dari Mabes Polri melaksanakan pengecekan dan peninjauan jalur mudik di Kabupaten Brebes, Selasa (29/8).

Kedatangan para petinggi Mabes Polri ini dusambut para pejabat dari Polda Jateng antara lain Karo Ops Kombes Pol Haryanto, Wadirlantas AKBP Windro Akbar P serta Kapolres Brebes AKBP Sugiarto beserta Kapolres tegal Kota dan Kapolres tegal di pos pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit).

IMG-20170829-WA0067

Tampak hadir ikut menyambut rombongan dari Mabes Polri antara lain perwakilan dari PT Waskita selaku pelaksana proyek jalan Tol, PT Jasa Marga, Pelaksana Pembangunan Fly Over, Perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes serta Satpol PP Kabupaten Brebes.

Dalam paparan singkat, para Kapolres memberikan gambaran terkait cara bertindak yang akan dihadapi saat pelaksanaan pengamanan libur panjang dalam rangka Idul Adha tahun 2017 yang diprediksi akan mengalami peningkatan arus kendaraan bagi para pemudik dengan tujunan beberapakota di Jawa Tengah dan sekitarnya yang melalui jalur Pantura maupiun Tengah di 3 Kabupaten tersebut.

Sementara itu, Asops Kapolri dan Kakorlantas dalam kesempatan yang sama memberikan penekanan kepada para satuan kewilayahan ayang akan melaksanakan pengamanan Idul Adha untuk bisa saling berkoordinasi menghadapi arus mudik dan balik yang diprediksi terjadi lonjakan arus.

“Koordinasi tidak hanya dilakukan di 3 Kabupaten saja melainkan Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) serta untuk jalur tengah juga harus berkoordinasi dengan Polres Banyumas,” jelas Asops Polri.

Selain itu, pihaknya juga meminta para petugas yang dilapangan juga bisa segera mengambil langkah-langkah manakala terjadi antrian kendaraan yang melalui Brexit dijalur pantura maupun dijalur tengah serta bisa menggunakan sarana komunikasi secara maksimal agar petugas mengetahui up date situasi jalur.

Tidak kalah pentingnya, penekanan Jenderal Bintang Dua tesebut kepada Dinas Instansi terkait adanya penerangan kepada masyarakat pengguna jalan agar mendapat informasi tentang situasi arus lalu lintas.

Dalam kesempatan ini juga, Asops Polri dan Kakorlantas berkesempatan menyaksikan langsung cara bertindak anggota dilapangan manakala terjadi kemacetan dibeberapa titik ruas jalur baik pantura maupun jalur tengah melalui Tactical Floor Game (TFG) yang disampaikan oleh masing-masing Kasatlantas.

Survey jalur yang dilakukan Asops Polri dan Kakorlantas ini merupakan bagian kesiapan pengamanan dalam rangka libur panjang yang bertepatan Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh pada hari Jum’at 1 September mendatang.(*)

Penulis : Sarinto

Editor : Alfian

Publish : Alam / Veri

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password