PENIPUAN JOGJA : Wanita Paruh Baya Ini Menangis

Wanita paruh baya berinisial SU pelaku penipuan saat jumpa pers di depan rekan media, Kamis (12/1/2017)

tribratanews.polri.go.id JOGJA -Wanita paruh baya pelaku penipuan uang ratusan juta rupiah tiba-tiba menangis tersedu usai jumpa pers yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Sleman, Kamis (12/01).

Pemilik usaha laundry dan warung bakmi di wilayah Karangasem Pendowoharjo Sleman ini mengaku sedih dan menyesali atas apa yang telah ia perbuat saat diambil gambar oleh para pewarta.

Pelaku, yakni SU (57), yang tak kuasa membendung tangis tersebut ditangkap lantaran melakukan penipuan kepada sdr. Ir. Karjono warga Caturtunggal, Depok, Sleman sebanyak Rp. 119.700.000,- sejak bulan Juli 2016 lalu.

“Modus pelaku dengan bercerita kepada salah satu teman korban jika pelaku memiliki samurai king roll tombol 3 dan tombol 5”, ucap kapolres Sleman AKBP Burkan Rudy Satria, S.IK.

Mendengar salah satu teman korban ada yang sedang mencari barang antik samurai, teman korban kemudian menceritakan kepada korban bahwa temannya mempunyai samurai yang sedang dia cari.

Tertarik mendengar cerita, korban kemudian bersama temannya Edi, M. Zaini, dan Mulyoto mendatangi rumah pelaku. Sesampainya dirumah pelaku, korban diajak masuk kedalam sebuah kamar dan diperlihatkan sebuah kotak yang terbuat dari kayu jati dengan panjang sekitar 40 cm. Menurut pengakuan SU didalam kotak tersebut terdapat 2 buah pedang samurai jenis king roll.

Merasa ada samurai yang sedang dicari, korban kemudian bermaksud untuk membeli barang tersebut. Namun sebelumnya oleh korban samurai tersebut diminta untuk dites terlebih dahulu guna mengecek keasliannya. Oleh pelaku korban kemudian dimintai syarat berupa uang untuk keperluan ritual.

“Korban menyerahkan uang untuk ritual secara bertahap. Transeran pertama sebanyak 50 juta, selanjutnya dicicil sampai terkumpul 119 juta”, tambah Kapolres.

Setelah korban menyerahkan uang, tersangka ditagih untuk segera dilakukan pengetesan. Namun bukannya dilakukan pengetesan, tersangka malah berdalih dengan memberikan janji-janji palsu.

“Pak ini samurainya ada didalam, sumpah demi Allah pak saya punya samurai king roll 3 dan king roll 5”, ucap janji palsu pelaku kepada korban.

Merasa ditipu korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Sleman.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas pelaku mengakui bahwa dirinya tidak memiliki samurai seperti yang disampaikan kepada korban. Pelaku mempunyai inisiatif penipuan dengan samurai karena dirinya pernah ditawari oleh seseorang yang mengatakan bahwa dirinya memiliki samurai king roll 3 dan king roll 5.

Saat ditanyai uang hasil penipuannya, pelaku mengatakan bahwa uangnya telah habis untuk keperluan pribadi. “Ada yang untuk membayar hutang, ada juga yang saya pakai untuk keperluan sehari-hari,” tambah pelaku saat dimintai keterangan di ruang Humas.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku kini diamankan di Mapolsek Sleman dan dijerat dengan pasal 378 atau 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara berikut barang bukti 1 buah buku tabungan Bank BCA beserta bukti lembar transfer dan fotokopi slip penarikan uang dari bank.(krz-jay)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password