Polisi Menangkap Oknum Guru Terkait Penipuan Masuk PNS di Pringsewu Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Jajaran Polsek Pringsewu menangkap seorang oknum Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kabupaten Pringsewu lantaran melakukan tindak pidana penipuan dan pengelapan dengan modus menjanjikan bisa mengangkat menjadi PNS. ‎

Oknum PNS yang diketahui bernama Sudirman (50) warga pekon Ambarawa, kecamatan Ambarawa harus berurusan dengan polisi karena aksi tipunya dilaporkan ayah korban berinsial AY (49) warga pekon Sukawangi kecamatan Pagelaran.

‎Kapolsek Pringsewu Kompol Andik Purnomo Sigit, SH. S.Ik. MM. mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si mengatakan penangkapan tersangka Sudirman berdasarkan ‎LP/B.107/IV/2017/Polda Lpg/Res Tgms/Sek Sewu tanggal 21 April 2017 lalu. Untuk kronologis peristiwa terjadi tindak pidana penipuan dan pengelapan dikediam pelaku sekira pukul 16.00 wib pada tanggal 21 Agustus 2014 ‎lalu.
“Kalau kejadian penipuan sudah sekitar tiga tahun yang lalu. ‎Awalnya korban datang kerumah pelaku dengan tujuan menitipkan uang senilai Rp. 20 juta dan berkas persyaratan anaknya untuk menjadi PNS di Pemda Pringsewu,”ungkap Kompol Andik Purnomo Sigit saat Press Release di Mapolsek Pringsewu, Senin (28/8/17) sore.

‎Setelah itu lanjut Kompol Andik, bahwa tersangka Sudirman menjanjikan anak korban akan diterima PNS pada akhir tahun 2014 lalu. ‎Akan tetapi setelah pada waktunya ternyata anak korban tidak juga menjadi PNS‎. ‎Sehingganya, pada tanggal 6 November 2016 lalu korban kembali mendatangi rumah pelaku untuk membuat surat perjanjian bahwa uang Rp. 20 juta akan dikembalikannya.

“Namun, pada mulai awal tahun 2017 pelaku sudah susah dicari oleh korban kemana-mana dan dihubungi nomor tidak aktif. Sehingga, ayah korban langsung melaporkan ke Polsek pada tanggal 21 April 2017 lalu,”kata dia. ‎

Dijelaskan Kompol Andik, bahwa ‎modus pelaku Sudirman menjanjikan korbannya bisa mengangkat menjadi PNS. Mereka bersama tim mengaku punya link di BKN hingga korban mempercaya‎inya.
” Untuk berkas laporan pelaku di Polsek Pringsewu sudah ada 2 LP dan Polres 3 LP. Bahkan untuk LP yang kedua pelaku menipu korban sampai Rp 130 jutaan yang masih dalam penyelidikan,”terangnya.

‎Menurut Kompol Andik Purnomo Sigit, bahwa dari pengakuan pelaku Sudirman ‎uang korban sebagian sudah dikirim kepada sindikat di jakarta yang merupakan pensiunan BKN.
“Tugas pelaku mencari korban yang akan menitipkan calon PNS. Karena, pelaku setiap transaksi hanya mendapat keuntungan Rp 1 juta sampai Rp 2 juta. Untuk itu ‎kita akan terus lakukan pengembangan kepada pelaku lain, karena diduga sindikat ini ada pelaku lainnya,”tegasnya. ‎

Ditambahkan Kompol Andik Purnomo Sigit, bahwa pelaku Sudirman berhasil tertangkap saat pulang dikediamnya pada Sabtu (26/8) siang ‎lalu. Karena, selama ini pelaku sering menghilang pergi dari rumah dengan alasan sedang mengurus berkas CPNS di Jakarta.
“‎Akibat perbuatan pelaku akan di kenakan pasal 378 KUHPidana atau 372 KUHPidana dengan acaman 4 tahun penjara. Untuk Barang bukti yang berhasil disita 1 lembar kwitansi uang Rp. 20 juta dan Surat perjanjian akan mengembalikan uang penitipan CPNS,”pungkasnya.

Penulis : Tim
Editor : Alfian Nur
Publish : N.Muslih Lpg / Polres Tanggamus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password