Terima Kunjungan dari Kompolnas RI, Kapolda Jelaskan Kegiatan Bhabinkamtibmas Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura – Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH menerima kunjungan dar tim Kompolnas RI di ruang Cendrawaih Mapolda Papua, Senin (28/08/2017) pagi.

Tim dari kompolnas yang terdiri dari Dr. Benedictus Nurhadi, Drs. Yotje Mende,dan Tri Hudiono disambut oleh Kapolda bersama para pejabat utama Polda Papua.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Papua menyampaikan kunjungan kerja Kompolnas ke Polda Papua ini berkaitan dengan beberapa hal, yakni Surat Keluhan Masyarakat (SKM) yang perlu diberikan penjelasan sebagai bagaian dari era keterbukaan terkait publick komplain layanan masyarakat serta informasi terkait Bhabinkamtibmas, terutama di daerah perbatasan dan pulau terluar.

“Terkait SKM, salah satu indikator keberhasilan kinerja Polda Papua adalah rendahnya atau tidak adanya pengaduan masyarakat atas ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan kepolisian. Kami menyadari, diera keterbukaan, siapapun bisa menyampaika  keluhan dan ini menjadi fungsi kontrol bagi Kepolisian selain Propam dan Itwasum Polri,” jelas Kapolda.

Berkaitan dengan masalah Babinkamtibmas, lanjut Kapolda, khusunya di kawasan pesisir yang dilakukan oleh Dit Binmas dan Dit Polair, ada daerah binaan khusus untuk   melakukan pendekatan kepada masyarakat dan bisa menjadi bahan kajian Kompolnas, termasuk sarana-sarana yang dapat diperkuat untuk mendukung Bhabinkamtibmas.

“Kapolri menyoroti masalah Kebimasan khususnya Bhabinkamtibmas dan menyampaikan bahwa sangat bagus dilaksanakan kegiatan Kebimasan sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh pendahulu kita. Yaitu kegiatan  Binmas Pioner untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, terutama yang mempunyai lahan yang bagus dan Polisi bisa menjadi pendrong peningkatan kesejahteraan masyarakat kita,” tutur Kapolda.

Kapolda Papua Terima Kunjungan dari Kompolnas RI-

Lanjut Kapolda, Kegiatan Bhabinkamtibmas Mengajar, menekankan Bhabinkamtibmas untuk bisa berperan sebagai tenaga pengajar di sekolah yang kekurangan jumlah tenaga pengajar. Kegiatan Binmas di Bidang Agama, menekankan anggota untuk tampil di tempat peribadatan dan menyuarakan pesan-pesan keagamaan.

“Kegiatan Binmas di Bidang Olahraga, sudah dimulai dengan membentuk Bhayangkara Fotball Academy. Mengakomodir anak-anak usia 5-12 tahun untuk dapat memeberikan pengenalan tentang teknik bermain sepak bola dan mendorong  anak-anak kampung agar cinta olahraga. Kegiatan ini menjadi bagian yang harus kita bina karena juga berkaitan dengan program Polisi Sahabat Anak dan Polisi Cilik,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Komisioner Kompolnas Drs. Yotje Mende menyampaikan, rencana kegiatan Kompolnas ke Provinsi Papua adalah untuk melaksankan program supervisi pulau-pulau terluar.

“Ada 10 wilayah yang menjadi prioritas kunjungan Kompolnas dalam melaksankan tugas supervise pulau-pulau terluar, salah satunya dengan  mengunjungi Pulau Biak. Terkait dengan supervisi pulau terluar, kami barengi dengan pengecekan pengaduan masyarakat yang sangat banyak dan akan kami cek hal-hal yang menonjol,” pungkas Drs. Yotje Mende.

Drs. Yotje Mende mengatakan, Kompolnas tidak mempunyai kewenangan melakukan investigasi, hanya klarifikasi. Tim datang ke Provinsi Papua ini hanya bersifat murni melakukan klarifikasi. Tim akan melakukan klarifikasi terhadap 6 SKM, terutama kasus yang terkait dengan KNPB dan kasus Nabire.

“Besok kami  akan ke Biak melaksanakan kegiatan di Polres Biak dan Supiori dengan tema “Sejauh mana peran Bhabinkamtibmas dalam memberikan kontribusi dalam hal Harkamtibnas di wilayah Perbatasan dan pulau Terluar”. Inti yang kami perlukan adalah masukan terkait masalah dan pengembangan Polri dimasa yang akan datang,” tandas Drs. Yotje Mende.

Penulis             : M Isrul
Editor               : Alfian Nur
Publisher         : Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password