Permasalahan Yang Bersifat Ringan Kapolres Menyarankan Agar Diselesaikan Secara Kearifan Lokal

WhatsApp Image 2017-08-28 at 13.08.56

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung / Polres Lampung Barat. menindak lanjuti sillaturahim anjau silau kepada para tokoh-tokoh masyarakat bertempat di Gedung Islamic center Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, dilaksanakan kegiatan  pertemuan silaturahim anjau sillau antara Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.IK dengan FKUB (Forum kerukunan umat beragama) Kabupaten Lampung Barat pada Senin 28/08/2017 pukul 09.56.

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Saripan Halim (Ketua FKUB Lampung Barat), Pendeta Simanjuntak (Tokoh Kristen Protestan), Anto (Tokoh Katolik), Eko Sudono (Tokoh Hindu), Hendri Purna Irawan (Tokoh Budha), AKP Tarwidi (Kasat Binmas Polres Lampung Barat), IPTU Wahyono (Kasat Intelkam Polres Lampung Barat), dan Ajmain ( Kasubag Kesbang Pemkab Lampung Barat).

WhatsApp Image 2017-08-28 at 13.08.58Dalam kesempatan tersebut Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.Ik. Menyampaikan, salam hormat dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat kesehatan dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini dalam kondisi sehat wal afiat.

selanjutnya Kapolres menyampaikan bahwa untuk menjaga Kamtibmas Polres Lampung Barat memerlukan mitra /dukungan dari masyarakat, dan meminta kepada para tokoh agama untuk berperan aktif dalam upaya mencegah /meminimalisir / memberantas penyakit masyarakat antara lain yakni Maling atau pencurian, Main seperti perjudian, Madon seperti perzinahan, Madat seperti Narkoba dan terakhir Miras seperti minu-minuman keras, kita ketahui bersama bahwa kriminalitas terjadi karena dua faktor yaitu faktor Niat (N) dan Kesempatan (K), faktor N timbul / muncul dari dalam diri seseorang…oleh sebab itu mungkin melalui siraman rohani kebaktian dan ibadah / pengajian dapat meminimalisir bahkan menghilangkan faktor N tersebut yang disini dibutuhkan peran Rohaniawan / tokoh2 agama seperti Bapak Bapak yg kami hormati ini,..dan untuk penegakkan hukum agar kasus2 yg bersifat ringan kapolres menyarankan akan lebih baik di selesaikan secara kearifan lokal atau Restorative Justice atau Alternatif Dispute Resolution, “ Jelas Kapolres.

WhatsApp Image 2017-08-28 at 13.08.57Kami dari jajaran Polres Lampung Barat juga berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat sebagai contoh ada nya isu tentang penjualan pulau Betuah di Kecamatan Bengkunat Belimbing di internet, Polres Lampung Barat berupaya meredam dengan mengadakan Upacara peringatan HUT RI ke 72 di Pulau tersebut,”ucap Kapolres.

Sementara Sambutan Ketua FKUB Lampung Barat Saripan Halim Menyampaikan rasa terima kasih dan menerima atas kunjungan silaturahim  Kapolres Lampung Barat ke FKUB Kabupaten Lampung Barat, dan meminta maaf dengan kondisi yang serba sederhana, selanjutnya Ketua FKUB memperkenalkan pengurus dari FKUB Kab. Lampung Barat yang merupakan tokoh – tokoh seluruh agama yang ada di Kab.Lampung Barat, disampaikan pula bahwa sampai dengan saat ini di Kab. Lampung Barat umat beragama sangat rukun dan menyelesaikan permasalahan dengan berembug, apabila tidak selesai akan dirapatkan di tingkat FKUB Lampung Barat,”Papar ketua FKUP Lambar Saripan Halim.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Alfian Nurnas

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password