Si Jago Merah Mengamuk, Satu Rumah di Bone Hangus Terbakar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sebuah rumah panggung terbakar tepatnya di Dusun Bira 2, Desa Tellangkere, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone, Sulsel, Minggu (27/8/17) malam, sekira pukul 21.30 Wita.

“Pemilik rumah Arifuddin pada saat kejadian kebakaran bersama keluarga tidak berada di rumah. Mereka pergi ke rumah kerabatnya,” Kata Kapolsek Tellu Limpoe Iptu M. Said Baruga.

Kronologi kejadian bermula sekira pukul 20.00 Wita, Arifuddin bersama keluarga pergi ke rumah mertuanya yang tak jauh dari kediamannya, saat sedang asik menonton televisi Arifuddin kemudian keluar dan tiba tiba melihat kobaran api yang bersumber dari rumahnya.

Melihat kebakaran tersebut, Arifuddin menyampaikan hal itu kepada warga setempat namun kobaran api disertai angin kencang dengan cepat menghanguskan bangunan rumah beserta isinya. Api baru bisa dipadamkan pada pukul 22.00 Wita dengan alat seadanya.

“Kerugian meliputi satu unit rumah panggung, 35 karung gabah, satu unit sepeda motor dan perabot rumah tangga, total kerugian ditaksir sebesar Rp. 120.000.000, Korban jiwa nihil,” ungkap M. Said.

Lebih lanjut Kapolsek menyebutkan bahwa api diduga bersumber dari korsleting instalasi listrik atau arus pendek.

Polisi setempat telah mendatangi tempat kejadian peristiwa dan memeriksa para saksi terkait kebakaran tersebut.

Dirangkum dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah amukan si jago merah, yakni :

(1) Bijak menggunakan listrik dan peralatannya

Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Di samping itu, hindari pemasangan instalasi listrik dengan terlalu banyak sambungan di rumah dengan isolasi, karena apabila terkena panas listrik mudah memuai dan mengelupas.

(2) Jauhkan barang-barang pemicu api

Pertama, Anda harus tahu barang apa saja yang dapat memicu api. Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas saja, tetapi botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.

(3) Bijak menggunakan tabung dan kompor gas

Perbanyaklah pengetahuan Anda tentang tabung gas dan kompor gas. Salah satunya adalah dengan tidak menyolok bibir tabung gas dengan pisau. Selain itu, jika Anda merencanakan bepergian untuk waktu yang relatif lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor.

(4) Sediakan alat pemadam kebakaran di rumah

Ada baiknya Anda mempunyai alat pemadam kebakaran sederhana di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun akan membawa keuntungan yang lebih bagi Anda.

(5) Waspada Rokok

Bagi perokok, sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara api akan dengan mudah memicu kebaran. Akan lebih baik lagi jika Anda belajar untuk berhenti merokok.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password