Bhabinkamtibmas Desa Pencong Bahu Membahu bersama Masyarakat Memperbaiki Jalan Wisata

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Upaya Polri dengan merangkul dan menjalin hubungan yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat tentunya diharapkan dapat menjadi salah satu upaya guna memaksimalkan kinerja guna menciptakan situasi kamtibmas yang dinamis.

Dengan berbaur dekat kepada masyarakat, maka diharapkan masyarakat dapat memahami tugas pokok Polisi, sehingga masyarakat mampu berbuat dan bertindak untuk ikut mendukung terciptanya masyarakat yang aman, tertib, dan nyaman.

Kemitraan dapat terwujud apabila adanya sikap proaktif Polri dalam melaksanakan pelayanan pelindung, pengayom dan penegak hukum dengan di dukung oleh masyarakat yang sangat peduli akan keamanan ketertiban yang merupakan tugas bersama Polri dan masyarakat sehingga tanggungjawab dapat dilaksanakan secara sinergi.

Untuk dapat merealisasikan kebijakan dalam Perpolisian masyarakat (Polmas) tersebut, Polri haruslah dapat merangkul seluruh elemen masyarakat. Sehingga semua lapisan masyarakat dapat saling bahu-membahu mendukung terciptanya keamanan dan ketentraman bersama.

Demikian pentingnya peran Polmas dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat yang dilakukan dengan membina hubungan baik antara Polri dan para tokoh-tokoh masyarakat yang ada dalam mengantisipasi gangguan keamanan yang mungkin terjadi akibat dari perselisihan atau sengketa dalam masyarakat tersebut.

Dengan terbinanya masyarakat untuk dapat mendukung tugas-tugas Polri di lapangan, maka persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan selalu terjaga dan terpelihara di samping terwujudnya kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, dan damai sebagaimana yang diinginkan juga oleh masyarakat.

Orientasi tugas kepolisian yang berwawasan kepada masyarakat perlu dipahami dan dipertimbangkan keberadaannya dalam tugas kepolisian mendatang.Kerjasama dan mengaktifkan masyarakat untuk membantu menghadapi kejahatan dapat mengurangi kompleksitas beban tugas kepolisian. Sehingga diperlukan strategi kepolisian yang lebih mendekati harapan dari masyarakat.

Tindakan kreatif perlu dilakukan oleh kepolisian dalam rangka mengajak masyarakat untuk mencegah kejahatan dilakukan dengan langkah-langkah yang terencana dengan baik.

Salah satu langkah yang ditempuh Bhabinkamtibmas Desa Pencong adalah dengan melaksanakan kerja bakti bersama warga di Jl. Poros Era Bambang Pencong yaitu jalan menuju lokasi permandian Air Panas di Kampung Era Bambang Dusun Karaeng Loe Desa Pencong, Minggu (27/08/17).

Kegiatan kerja bakti tersebut diikuti oleh masyarakat yang berjumlah kurang lebih sekitar 80 orang. Untuk diketahui jalan sepanjang 3 Km tersebut selama kurung 30 tahun terakhir belum pernah tersentuh Aspal karena hanya dilakukan pengerasan.

Berangkat dari hal itu Bhabinkamtibmas Desa Pencong mengajak Bhabinsa dan masyarakat untuk memperbaiki jalan tersebut agar jalur menuju lokasi wisata dapat dijangkau masyarakat dan dapat memperbaiki ekonomi masyarakat setempat.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password