Press Release Polres Palu Amankan Pelaku Pembawa Senjata Rakitan

Press Release Polres Palu Amankan Pelaku Pembawa Senjata Rakitan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng – Polres Palu – Kepolisian Resor Palu kembali menggelar press release terkait Penangkapan Pelaku yang Memiliki Senjata Rakitan oleh Unit Buser dan Piket Reskrim Polsek Palu Barat.

Waktu / tempat penangkapan :

Hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017 sekitar Pukul 17.00 wita. Di RSU. Anutapura jl. Palola kel. Donggala Kodi Kec. Ulujadi kota Palu.

Identitas terduga :

  1. Lk. MH. , umur 46 tahun, pekerjaan swasta.

Kronologis :

Pada hari Rabu tanggal 23 agustus 2017 sekitar pukul 17.00 wita. Anggota Buser Polsek Palu Barat mendapat info dari Warga bahwa di RSU Anutapura terdengar letusan senjata api di bagian gudang mesin, setelah tiba di TKP anggota menemukan LK. MH. yang setelah digeledah ditemukan senpi rakitan di pinggang kanan dan 6 butir peluru karet organik serta 1 buah selongsong di kantong celana.  Selanjutnya LK. MH. diamankan ke kantor dan bersama piket reskrim melaksanakan pengembangan dan penggeledahan di rumah LK. MH dan menyita barang bukti.

Menurut pengakuan LK. MH amunisi organik diperoleh dari salah satu penjual loakan di jl Asam. Lalu anggota buser dan piket reskrim mengamankan pemilik loakan jl. Asam ( LK. SM ) untuk kepentingan penyelidikan. Saat ini TSK dan barang-bukti diamankan di mako Polsek Palu Barat.

Adapun barang-bukti yang diamankan yakni :

  1. 6 ( enam ) pucuk senpi rakitan
  2. 1 ( satu ) senapan angin merk canon turbo
  3. 7 ( tujuah ) Selongsong non aktif : 6 ( enam ) selongsong jenis revolver, 1 ( satu ) selongsong ss1
  4. Amunisi aktif : 6 ( enam ) amunisi tajam revolver, 5 ( lima ) amunisi tajam ss1, 11 ( sebelas ) amunisi karet ss1, 1 ( satu ) amunisi karet v2, 73 ( tujuh puluh tiga ) mata peluru jenis cis.
  5. 4 ( empat ) buah senjata tajam jenis sangkur
  6. 1 ( satu ) buah senjata tajam jenis celurit
  7. 1 ( satu ) sarung senjata warna putih
  8. 1 ( satu ) dompet coklat
  9. 1 ( satu ) korek api model revolver

Ancaman hukuman :

Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 pasal 1 ayat (1) tentang membuat, memiliki, menyimpan, dan membawa senjata api tanpa memiliki izin pihak berwenang dengan ancaman hukuman 10 tahun.

Kepala Kepolisian Resor Palu AKBP. Christ R. Pusung , S.I.K mengharapkan dengan adanya penangkapan yang sering dilakukan oleh anggota Polres Palu dapat memberikan efek jera bagi para pelaku tindak pidana apapun yang ada di kota Palu. Beliau juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat di kota Palu agar ikut berperan aktif membantu pihak kepolisian dalam membrantas para pelaku kejahatan di kota Palu dengan cara apabila mengetahui ataupun melihat adanya tindak pidana / kejahatan agar segera dilaporkan atau segera informasikan ke kantor Kepolisian terdekat atau bisa langsung ke Polres Palu.

Penulis      : Tim
Editor        : Umi Fadilah
Publish      : Abdi.s

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password