Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia, Baharkam Mabes Polri Lakukan ini

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel, Rapat kordinasi keamanan maritim di perairan Indonesia tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Baharkam Mabes Polri bekerjasama dengan IOM Indonesia dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 24-25 Agustus 2017 di Novotel Palembang Sumatera Selatan.

Kegiatan yang dihadiri Wakapolda Sumsel, pejabat utama Polda Sumsel dan Direktur Polairud Polda seluruh Indonesia ini mengambil tema ” Peningkatan operasional Korps Kepolisian Perairan dan Udara guna menjamin keamanan perairan dalam rangka mendukung Indonesia sebagai poros maritim”.

Pengisi materi Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen. Pol. Drs. M. Chairul Noor Alamsyah, SH, MH, Dir Polair Korpolairud Baharkam Polri, Wadir Poludara Korpolairud Baharkam Polri, Kasubdit Opsnal Korpolairud Baharkam Polri dan MR. Mark Getchell (IOM).

Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si dalam sambutannya mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan serta dua pertiga wilayah kedaulatanya merupakan perairan yang memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah dan posisi strategis sebagai jalur perdagangan dunia.

Polri sebagai penegak hukum bertanggung jawab dalam menciptakan dan memelihara stabilitas keamanan untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Faktor keamanan akan memberikan pengaruh yang signifikan agar keseluruhan program dan kebijakan pemerintah dapat dijalankan dengan baik dan lancar.

“ Stabilitas keamanan sangat berpengaruh terhadap kelancaran program maupun kebijakan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunis,” ujar Irjen Pol Agung

Pada kesempatan itu Dir Polair Polda perbatasan (Riau, Papua Barat, Sulut, Jatim dan NTT) memaparkan karakteristik wilayah maupun kesiap siagaan dalam mengamankan perairan Indonesia.

Penulis : Mardiansyah / Polairud Polda Sumsel

Editor.  : Alfian

Publish : Yulius / Polda Sumsel

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password