Kapolda Bali Hadiri Rapat Koordinasi Panitia Nasional IMF-WBG Tahun 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menghadiri rapat kordinasi panitia nasional persiapan pertemuan tahunan International Monetary Fund World Bank Group (IMF-WBG) tahun 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (25/8).

Rapat ini dipimpin langsung Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo. Selain itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, perwakilan IMF-WB serta seluruh Kementerian dan Lembaga terkait juga turut hadir dalam rapat tersebut.

Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk memastikan kesuksesan penyelenggaran Annual Meeting (AM) 2018, panitia nasional mengadakan rapat secara rutin untuk memastikan seluruh persiapan berjalan sesuai dengan rencana serta memenuhi tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance).

“Panitia nasional pada high level meeting kali ini membahas kesiapan infrastruktur serta persiapan sarana dan pra-sarana pendukung dari berbagai sektor di lokasi acara. Selain itu, seluruh Kementerian/Lembaga terkait hadir untuk berkoordinasi dan mendukung pelaksanaan AM 2018 sesuai tugas dan fungsi masing-masing,” ucap Luhut Binsar Panjaitan.

Sementara Panglima TNI menjelaskan, TNI dan Polri sudah melakukan persiapan pengamanan VVIP untuk kegiatan IMF-WB yang akan digelar pada bulan Oktober tahun 2018. Pihaknya juga sudah melakukan pemetaan tentang prediksi ancaman yang mungkin terjadi. Ancaman tersebut bisa datang dari situasi dalam negeri, ancaman global dan bencana alam. Contohnya yaitu demonstrasi, kriminalitas, terorisme dan bahaya kebakaran.

“Kita sudah membuat suatu sistem pengamanan, dimana semua tamu bisa diidentifikasi. Pengamanan juga akan melibatkan para pecalang, sehingga masyarakat juga ikut terlibat. Secara umum pelaksanaan pengamanan sudah siap, tidak hanya di darat tapi juga laut dan udara,” tegas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Dalam kesempatan tersebut, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mewakili Kapolri menyatakan bahwa untuk mendukung transportasi, Polda Bali sudah membentuk Satgas khusus. Selama kegiatan berlangsung, setiap pergerakan delegasi akan dilakukan pengawalan. “Setiap shuttle bus akan ditempatkan polisi berseragam,” ujarnya.

Tidak hanya itu, setiap obyek wisata yang dikunjungi juga akan dilakukan sterilisasi, sehingga aman bagi wisatawan atau para delegasi saat menikmati keindahan pulau Bali. “Khusus untuk traffic management dan traffic control di kawasan obyek wisata Nusa Dua akan diatur,” imbuhnya.

Pelaksanaan AM 2018 adalah momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan kepada dunia tentang keberhasilan Indonesia sebagai ekonomi yang bereformasi, berdaya tahan dan progresif. Indonesia berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, lebih seimbang dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai tuan rumah AM 2018, Indonesia akan memperoleh banyak manfaat, mulai dari kesempatan ekonomi dalam persiapannya, promosi produk unggulan dan tujuan investasi, hingga peningkatan devisa negara melalui kunjungan peserta. Indonesia juga menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan keberhasilan ASEAN yang berkembang menjadi kerjasama regional dengan ekonomi yang stabil, tertata baik, serta siap menjadi motor pertumbuhan dunia.

Penulis : Bina Wartwan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password