Ini Keseharian Bripka Sardi, Da’i Kamtibmas Polres Tabalong yang Viral Dimedsos

POLISI SARDI JUA

POLISI SARDIInilah Sardi Abdul Karim anggota Polres Tabalong yang berpangkat Brigadir Polisi Kepala, yang mendapatkan penugasan pertamanya di Polres Tabalong Polda Kalsel paska lulus mengikuti seleksi Kepolisian di Provinsi Papua pada tahun 2001 lalu. 16 Tahun berjalan Bripka Sarti yang merupakan kelahiran Manado yang sudah mempunyai keluaga 1 istri dan dikaruniai 2 orang anak laki – laki,

37 Tahun silam ini dipercaya memegang jabatan Kanit Pembinaan ketertiban masyarakat Satbinmas Polres Tabalong. Dilingkungan tugasnya Bripka Sardi dikenal peramah dan bertanggung jawab terhadap tugas serta memiliki dasar keagamaan yang kuat. Itulah alasan yang mendorong Bripka Sardi Alumni Sekolah Tinggi Agama Islam Papua ini juga dipercayakan mengemban amanah sebagai Da’I Kamtibmas yang merupakan Program Innovasi Kreative Polres Tabalong sejak Tahun 2013 lalu.

Sejalan tugas sebagai Kanit Pembinaan Ketertiban Masyarakat Satbinmas Polres Tabalong yang melakukan pembinaan ketertiban kepada seluruh komponen masyarakat dengan menjadi Da’i Kamtibmas, Bripka Sardi pun merasa lebih terlibat dan berinteraksi langsung dengan mayarakat. Walaupun awalnya Bripka Sardi mengaku harus beradaptasi dan memerlukan pendalaman terhadap materi yang berkesusuaian dengan kondisi wilayah. Tugas sebagai Da’I Kamtibmas dilakukan Bripka Sardi penuh tanggung jawab diantaranya rutin setiap bulan melakukan pembinaan di Sekolah sekolah di Kabupaten Tabalong.

Ditengah – tengah kesibukan dinas Kepolisian, ia pun terpanggil untuk mengemban Profesi sebagai Guru Bantu  ia pun jalani dengan ikhlas, ia menyampaikan Materi tentang Budi Pekerti, Tertib Berlalu Lintas dan Bahaya Narkoba di beberapa sekolah di Kabupaten Tabalong antara lain SMAN 1 Haruai, SMAN 1 Tanta, SMAN 1 Murung Pudak, SMKN 1 Murung Pudak, SMKN 1 Tanjung serta SMPN 1 Tanta dan SMPN 4 Murung Pudak. Bekal Sarjana dan pengalaman mengajar sebelum masuk polisi, membuat Bripka Sardi terlihat lebih santai dan tenang dalam  menyampaikan materi.

Tidak hanya menjadi Guru bantu, Bripka Sardi rutin pula melaksanakan Jum’at Keliling untuk mengisi Khotbah dan menjadi Imam Shalat Jum’at di Masjid – Masjid. Materi Khotbah Jum’at pun telah dipersiapkan Bripka Sardi di hari sebelumnya , sehingga hanya cukup menyesuaikan kondisi dan tidak lupa menyelipkan pesan – pesan kamtibmas diakhir Khotbahnya. Tak terasa sudah hampir 70 Masjid yang ada di Tabalong sudah Bripka Sardi Jalankan sebagai Khotib dan Imam Shalat Jum’at. Kegiatan rutin Bripka sardi sebagai Khotib dan Imam Shalat Jum’at mendapat aprisiasi positif dari berbagai tokoh lapisan masyarakat Tabalong. 2 Tahun lamanya bertugas menjadi Da’i Kamtibmas tidak jarang Bripka Sardi merasakan beragam kesan, namun tekat dan ketabahan jiwa serta Hidayah Allah SWT membuat Bripka Sardi terus bertahan dan merubah setiap kendala menjadi semangat baru.

SUDANProgram Da’I Kamtibmas Jum’at Keliling sebagai Khotib dan Imam di Masjid – masjid sempat terhenti karena Bripka Sardi penugasan menjadi pasukan perdamaian PBB di Darfur Sudan sejak 26 Desember 2015, Dakwah Bripka Sardi pun terus dilakukan Sebagai Khatib dan Imam di Masjid di Garuda Camp di Sudan, 2 tahun lamanya Bripka Sardi bertugas di Sudan, kemudian kembali ke Indonesia 4 Maret 2017 tadi.

Usai melaksanakan tugas Kontingen Satgas FPU Dafur Sudan, Bripka Sardi kembali ke kesatuan Polres Tabalong dan tetap bertudas di Satbinmas Polres Tabalong cita – citanya untuk terus berdakwah sambil bertugas ia pegang teguh. Da’i Kamtibmas seakan akan menjadi bagian dari pada hidup Bripka Sardi.

Dalam menjalankan Dakwah sebagai Khotib dan Imam Shalat Jum’at sempat menjadi viral di masyarakat melalui Media Sosial serta mendapat arahan dan bimbingan pimpinan satuan tingkat atas, hal tersebut menjadi cambuk semangat bagi Bripka Sardi untuk terus menjalankan amanah sebagi Dai kamtibmas sehingga dapat mengankat citra Institusi Polri di mata masyarakat. Hal ini Bripka Sardi Sampaikan dalam wawancara oleh Media Nasional.

Bripka Sardi tulus ikhlas mengabdikan dirinya sebagai Da’i Kamtibmas, ia pun hanya berharap dan berdo’a agar selalu diberikan kesehatan dan terus tetap Istiqomah menjalankan Amanah Besar atas nama Institusi Kepolisian Republik Indonesia agar semakin dicintai oleh masyarakat yang tertib.

Alhamdulillah hasil kinerjanya membuahkan nilai positif pada pagi Jum’at (25/8/2017), ia pun mendapat penghargaan dari Bapak Kapolri yang diserahkan langsung oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Putut Eko Bayuseno, S.H yang didampingi Kapolda Kalsel Brigjen Pol. Drs. Rachmat Mulyana dalam acara Tatap Muka Kabaharkam Polri dengan Pejabat Utama Polda Kalsel dan Jajaran di Hotel Golden Tulip Banjarmasin.

aaaaSuatu prestasi luar biasa yang ia peroleh hingga ungkapkan terimakasih atas dukungan, do’a dan motivasinya, saya tidak bisa membalasnya kecuali hanya untaian do’a semoga Allah SWT menerima  semua usaha dan upaya kita dalam mengajak dan menghimbau masyarakat melalui bimbingan, penyuluhan dan pengarahan untuk mencegah narkoba, radikal, teror dan karhutla serta yang lainnya, dengan niat ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah menjadi amal ibadah, berkah untuk bekal menuju syurganya Allah SWT dan semoga Allah  SWT senantiasa melindungi kita, beri kesuksesan dan kebaikan sepanjang pengabdian kepada Agama,  Masyarakat, Bangsa dan Negara. Aamiiin…(*)

Penulis : Donny / Budi

Editor : Alfian

Publish : Donny

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password