Polres Biak Numfor Adakan Latihan Simulasi Pengendalian Massa di PT. Pertamina Biak

Tribratanews.polri.go.id, Papua Polres Biak – Sekelompok warga berunjuk rasa di depan PT. Pertamina Biak  bertindak anarkis dengan melempar aparat yang berjaga di areal sekitar perusahaan tersebut yang berada di wilayah Kelurahan Wapnour,Distrik Biak Kota, Jumat (25/8/2017).

Meski sebelumnya telah diawali dengan adanya tim negosiator dari Polres Biak Numfor dan pihak pertamina yang berkomunikasi langsung dengan pengunjuk rasa, namun pengunjuk rasa tetap bersitegang dan menjurus anarkis dengan melempar petugas dengan batu maupun botol air mineral.

IMG_9350-864x576

Puluhan personil Dalmas Polres Biak dengan sigap  mampu menghalau massa pengunjuk rasa dengan melakukan tindakan preventif dari membawa pentungan, hingga melibatkan kendaraan taktis Kepolisian diantaranya unit raimas hingga water canon yang disemprotkan ke massa. Satu warga pengunjung rasa menjadi korban yang terluka akibat terkena gas air mata dan segera mendapat pertolongan dari tim kesehatan Polres menggunakan mobil ambulance dan  mendapatkan perawatan di rumah sakit terdekat.

Unjuk rasa tersebut merupakan  simulasi yang dilakukan Polres Biak Numfor bekerja sama dengan PT. Pertamina untuk penanganan unjuk rasa yang melibatkan puluhan personil Dalmas Polres Biak Numfor.

Kasat Sabhara Polres Biak Numfor Iptu Erlan Sugianto, SH yang memimpin langsung kegiatan itu menjelaskan, latihan tersebut merupakan salah satu bentuk pengamanan pada obyek vital yang ada diwilayah hukum Polres Biak Numfor, selain itu juga sebagai persiapan pengamanan jelang Pilkada 2018 mendatang, sehingga setiap personil Polisi selalu siap dalam mengahadapi berbagai situasi pengamanan sesuai SOP .

IMG_9371-864x576

“Simulasi ini melibatkan 40 personil Sabhara, juga Polsek Biak Kota, Satlantas, KP3 Laut, tenaga medis Polres dan karyawan Pertamina Biak, dengan tujuan agar personil Polres senantiasa siap sedia dan sanggup melaksanakan tugas secara maksimal kapan saja dibutuhkan termasuk pengamanan Pilkada mendatang, ”jelas Iptu Erlan.

Sementara Kepala  PT.Pertamina Biak Edwin H.Lewaherilla mengatakan simulasi pengamanan ini sangat penting dan menjadi pembelajaran bagi Pertamian dalam mengantisipasi pengamanan baik di dalam Pertamina maupun di wilayah sekitar.

“Latihan bersama Polres ini menjadi sesuatu hal yang sangat berharga bagi Pertamina terutama dalam mengantisipasi hal-hal yang dapat menimbulkan kerugian baik di lingkungan Pertamina maupun di masyarakat, misalnya adanya ancaman kebakaran dan lain sebagainya, ”tandas Edwin saat ditemui awak media usai pelaksanaan simulasi.

IMG_9362-864x576

Simulasi penanganan unjuk rasa yang dimulai pukul 09.00 Wit, mampu menarik perhatian warga masyarakat yang berada di kawasan Pertamina, kelurahan Wapnour Biak. (*)

Penulis : Ruslan
Editor : Alfian Nur
Publish : Ruslan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password