Kapolres Majene Jadi Pemateri Pada Kegiatan Forum Group Discusion Terkait Penanganan Kasus-Kasus Keagamaan

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Majene menggelar Forum Group Discusion (FGD) dalam Rangka Penanganan Kasus – Kasus Keagamaan. Dengan tema “Melalui Forum Group Discusion (FGD) Penangan Kasus – Kasus Keagamaan Kita Perkokoh Kebersamaan Demi Kedamaian”. Jumat (25/08/17) sekitar pukul 09.00 Wita di Aula Kantor Kemenag.

Kegiatan Forum Group Discusion (FGD) dihadiri oleh Kapolres Majene AKBP Asri Effendy, S.I.K, Kepala Kemenag Kab. Majene yang diwakili Ka Subbag TU Drs. H. Abdullah, M. Si, DR. H. A. Tamaruddin Ketua Forum Kerukunan umat beragama (FKUB), Hj. Nujibah S.Ag, M.Pd.I (BKMT Kab. Majene), H. Masfar Ahmad (MUI kab. Majene), Hermin Manganan (GPIB IMMANUEL Kab. Majene) dan Hamdani (Konghucu/Budha).

Dalam pelaksanaannya, Forum Group Discusion ini diawali dengan Laporan singkat ketua Panitia Pelaksana oleh Drs. H. Hasri Hanafi, M.Pd, dan dilanjutkan Sambutan Ka Subbag TU kantor Kemenag Kab. Majene.

Sementara itu, Kapolres dalam kesempatannya membawakan materi tentang Materi “Urgensi Deteksi Dini untuk mencegah terjadinya Kasus Kasus Keagamaan”

Kapolres Majene AKBP Asri Effendy, S.I.K selaku Narasumber menjelaskan bahwa kasus-kasus keagamaan harus tercover dan harus ada tidakan pencegahan, kalu tidak dicegah akan menjadi pemicu konflik. Selain itu hal yang perlu dijunjung tinggi adalah sikap saling menghargai antara sesama demi menjaga keutuhan daerah kita. Tuturnya

Selain itu, Kapolres juga menjelaskan dasar penyebab konflik adalah karena masyarakat masih Heterogen bersuku-suku dan beragamnya agama melalui kegiatan ini diharapkan para pemuka agama yang mempunyai peran penting agar menanamkan sikap harga menghargai antara sesama. “kulit, Bahasa dan keyakinan boleh berbeda tetapi tujuan sama yaitu keutuhan NKRI”. Tutup Kapolres

Lain halnya dengan materi Kepala Kemenag Kab. Majene yang diwakili Ka Subbag TU Drs. H. Abdullah, M. Si pihaknya membawakan materi tentang Pemantapan Kerukunan umat beragama dalam Mencegah berkembangnya Paham Radikal.

Penulis  : Dhyman

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password