Modus Bertamu, Pria Ini Gasak Tiga Hp Diatas Meja

Artikel, Modus Bertamu, Pria Ini Gasak Tiga Hp Diatas Meja

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Tim Resmob Polsek Makassar berhasil mengungkap pelaku kasus pencurian dengan pemberatan (curat), Kamis (24/04/17).

Awalnya Tim Resmob Polsek Makassar menerima informasi dari warga bahwa sering terjadi pencurian dengan modus bertamu yang sangat meresahkan warga.

Menerima informasi tersebut, Tim Resmob Polsek Makassar melakukan penyelidikan terhadap pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) tersebut.

Lalu Tim Resmob Polsek Makassar mendapatkan informasi dari warga bahwa pelaku curat sedang berada di rumahnya, Tim Resmob Polsek Makassar yang dipimpin oleh Kanit Resmob Polsek Makassar Iptu Theodorus Echael langsung menuju ke rumah pelaku.

Kemudian Tim Resmob Polsek Makassar melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian dengan pemberatan berinisial dan membawa ke Polsek Makassar untuk dilakukan penyelidikan.

Kanit Resmob Polsek Makassar Iptu Theodorus Echael mengatakan penangkapan tersebut berdasarkan hasil yang diperoleh Tim Resmob Polsek Makassar yang mendalami kasus tersebut lalu melakukan pengecekan dan setelah didapati barang bukti dari penyelidikan tersebut dilakukan penangkapan terhadap salah seorang tersangka.

Pelaku yang berinisial IF(20) ini mengungkapkan dalam melakukan aksinya adalah dengan berpura-pura bertamu di salah satu rumah warga, lalu mengambil hp korban  yang diletakkan di atas meja ruang tamu.

Setelah dilakukan introgasi, tersangka lk IF(20) mengakui bahwa dirinya benar telah melakukan pencurian dengan pemberatan di salah satu rumah warga dan mengambil tiga unit hp milik korban pr SP(19) yang diletakkan di atas meja ruang keluarga.

“Barang bukti yang kami sita ada tiga unit, sudah kami amankan dari tangan pelaku,” pungkas Kanit Resmob Polsek Makassar.

Kasus pencurian mulai marak terjadi. Yang saat ini sedang jadi pembicaraan adalah dengan berpura-pura bertamu ke rumah yang dianggap kosong.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengantisipasi kejadian pencurian ini:

Satu, cara pencuri memasuki rumah kita pada umumnya bila tidak melalui jendela ya lewat pintu. Karena itu pastikan kondisi pintu dan jendela serta safety lock-nya dalam keadaan baik. Lebih baik lagi jika gordin dalam posisi menutup sehingga orang lain tidak bisa mengintip situasi di dalam rumah kita.

Dua, sebelum memasuki rumah kita, seorang pencuri pastinya sudah memperkirakan jalan untuk melarikan diri. Semakin terlihat sulit dan kemungkinan tertangkap lebih besar, maka dia akan mencari sasaran lain.

Tiga, ada baiknya kita memberitahu petugas keamanan bahwa kita akan pergi untuk beberapa waktu agar petugas tersebut dapat lebih awas dan mengantisipasi setiap gerak-gerik orang yang mencurigakan.

Penulis : Rosdiana

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password