Jumat Bersih, Wakapolda Sulsel bersama Pejabat Utama Kerja Bakti di Pasar Daya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kebersihan adalah sebagian dari iman hal ini dilakukan oleh Wakapolda Sulsel dan para pejabat utama Polda Sulsel, diantaranya Dir Binmas, Dir Sabhara, Dir Lantas dan Kabid Humas dalam kegiatan Jumat bersih dengan melaksanakan bakti sosial di pasar Tradisional Daya, Terminal Regional daya dan masjid Jami Nurul Hidayah, Jumat (25/08/17).

Acara kerja bakti tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, dan terlihat para personel yang terlibat dari Satuan Sabhara Polda Sulsel, Personil Binmas dan anggota Polsek Biringkanaya bersemangat melakukan kegiatan sosial ini. Bersenjatakan alat-alat kebersihan seperti sapu, skop dan keranjang sampah, personel membersihkan sampah-sampah yang ada di sekitar masjid setempat.

Acara kerja bakti tersebut yang dilakukan oleh Polda Sulsel, mendapat apresiasi oleh pengurus mesjid dan masyarakat pasar, karena ia menganggap kepedulian dari Polda Sulsel untuk kebersihan masjid sangat besar.

Dikatakan Wakapolda, kerja bakti ini merupakan bentuk kepedulian Polda Sulsel terhadap kebersihan lingkungan tempat ibadah. “Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat, singkatnya,” pungkas beliau.

Menciptakan lingkungan mesjid yang bersih dan sehat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebersihan itu adalah tanggungjawab bersama dan harus tertanam pada pribadi masing-masing.

Selesai melaksanakan kerja bakti bersama, warga masyarakat di Pasar Daya mengucapkan terima kasih kepada pihak polisi yang sudah membantu dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

Menjaga kesehatan lingkungan adalah suatu kewajiban bagi setiap individu. Kesehatan adalah anugerah dari Sang Pencipta dan lingkungan harus tetap dijaga agar kita dan keluarga juga masyarakat sekitar kita terhindar dari penyakit akibat lingkungan kita yang kotor dan tidak bersih. Karena kesehatan adalah hal yang tidak ternilai harganya.

Terkadang pada saat kita sehat, kita lupa akan nikmatnya menjadi sehat dan ketika sakit kita baru akan tersadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, mengkomsumsi makanan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam aktivitas kita masing-masing sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya.

Akibat dari lingkungan yang tidak bersih atau tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian. Demam berdarah ini biasanya terjadi akibat lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat.

Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat.

Kita harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan, karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman, bersih, sejuk dan sehat.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
2. Lingkungan menjadi lebih sejuk.
3. Bebas dari polusi udara/bau tak sedap.
4. Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan, maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri misalnya rajin menyapu halaman rumah, rajin membersihkan selokan rumah kita, membuang sampah pada tempatnya, dan dapat dimulai juga dalam hal membersihkan lingkungan kita setiap jumat pagi, bahkan alangkah lebih baiknya kalau dilakukan setiap hari.

Lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggung jawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini.

Apa yang dilakukan Kapolda Sulsel dengan memperlombakan kebersihan toilet adalah terobosan yang inovatif, kenapa? Karena dengan begitu personel akan terdorong peduli dengan kebesihan lingkungannya. Tentunya tidak berhenti sampai disitu saja, para personel dtuntut untuk terus menjaga kebersihannya walaupun lomba telah usai.

Penulis : Taufik

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri56606 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password