Wagub Bali Pukul Gong, Tanda Pameran Pembangunan Ditutup

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Kasubbid PID Bidang Humas Polda Bali AKBP Syamsudin mewakili Kapolda Bali menghadiri acara penutupan pameran pembangunan Provinsi Bali Tahun 2017, di Kalangan Madya Mandala Taman Budaya, Art Center, Denpasar, Rabu (23/8). Pameran pembangunan ini, telah berlangsung selama 10 hari dari tanggal 14 sampai dengan 23 Agustus 2017 dan ditutup secara resmi  ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Bali mengapresiasi penyelenggaraan pameran yang dinilai telah berlangsung lancar. Secara substansial telah sesuai dengan tema pameran yaitu “Melalui Pameran Pembangunan Provinsi Bali Tahun 2017, Kita Tuntaskan Bali Mandara II”.

Ketut Sudikerta menilai, pameran pembangunan telah mampu menampilkan pesan-pesan pembangunan secara obyektif dan transparan, sehingga dapat menjadi media informasi dan komunikasi bagi seluruh komponen masyarakat. “Pameran pembangunan memberikan ruang bagi masyarakat untuk memberikan penilaian kepada pemerintah daerah dan badan publik sebagai bentuk partisipasi dalam pembangunan,” ucapnya.

Selanjutnya mantan Bupati Badung ini, meminta kepada seluruh unsur penyelenggara melakukan evaluasi.  Hasil evaluasi akan digunakan sebagai pedoman untuk pelaksanaan kegiatan serupa pada tahun depan, sehingga pelaksanaannya menjadi lebih baik, informasi yang disampaikan lebih kreatif, menarik, tidak membosankan dan monoton. Terkait pelaksanaan video conference dan sosialisasi aplikasi informatika, Wakil Gubernur berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut guna lebih meningkatkan kewaspadaan atas penerapan tata kelola pemerintah berbasis elektronik.

Orang nomor dua di Bali ini menambahkan, pada tahun 2018 adalah tahun terakhir implementasi Visi Bali Mandara Jilid II sesuai RPJMD Provinsi Bali Tahun 2013-2018. Oleh karena itu, informasi yang dipamerkan tahun ini terkait manajemen program pembangunan, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaksanan dapat tersampaikan secara menyeluruh dengan harapan akan terlihat program yang berhasil. Program yang efektif bahkan mungkin apabila ada program yang gagal untuk dikaji kembali.

“Masih ada program yang belum berjalan optimal, masih banyak hambatan menghadang. Untuk itu kita intensifkan koordinasi dan komunikasi. Partisipasi masyarakat yang meningkat akan mendorong optimalisasi program pembangunan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali I Nyoman Sujaya dalam laporannya terkait pelaksanaan pameran menyampaikan bahwa  berbagai hal telah dipamerkan untuk memperluas wawasan para pengunjung. Tidak hanya itu berbagai kegiatan lomba serta pelayanan masyarakat seperti pelayanan perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi), Samsat online, pelayanan kesehatan serta pertunjukan seni juga dilaksanakan pada pameran pembangunan tahun ini.

I Nyoman Sujaya mengungkapkan,  evaluasi terhadap penyelengaraan pameran akan terus dilakukan. Kedepannya terdapat  beberapa hal yang menjadi perhatian diantaranya penyediaan  ruang yang lebih bagi para generasi muda untuk berkreativitas, stand pameran wirausaha serta penataan parkir yang harus ditingkatkan.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password