Bidang Dokkes Polda Bali Gelar Pelatihan DVI

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Identifikasi menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan terhadap korban bencana. Keakuratan dan ketepatan atas hasil dari proses identifikasi menjadi mutlak. Untuk itu, diperlukan tenaga-tenaga yang profesional dan terampil dalam melakukan proses identifikasi, sehingga kesalahan ataupun kekeliruan dalam proses identifikasi dapat ditiadakan.

Menyikapi hal tersebut, Bidang Dokkes Polda Bali menggelar pelatihan DVI (Disaster Victim Identification) selama dua hari yaitu dari tanggal 24 sampai dengan 25 Agustus 2017. Tema yang diusung dalam pelatihan ini yaitu “Melalui Pelatihan DVI Kita Wujudkan Personel yang Profesional Modern, Terpercaya dalam Menangani Bencana Massal Wilayah Provinsi Bali Tahun 2017”.

Kabid Dokkes Polda Bali Kombes Pol. Dr. Agung Widjayanto, SPF. DFM mengatakan, pelatihan DVI melibatkan 50 peserta terdiri dari Inafis Ditreskrimum Polda Bali, Satuan Brimob, Direktorat Sabhara, Lab Forensik, Kedokteran Forensik RSUP Sanglah dan Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Tidak hanya itu, BPBD, Pramuka Peduli Bencana, unsur kesehatan TNI, Basarnas dan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) juga turut dilibatkan.

Dalam pelatihan kali ini, panitia penyelenggara mendatangkan instruktur atau narasumber dari Pusdokkes Polri. Materi yang diberikan yaitu DVI Overview-DVI Organization, Command and Control, DVI Process, The Scene, The Post Mortem, Antemortem Overview dan Reconciliation. Usai mendapatkan materi di hari pertama, pada hari kedua para peserta akan melaksanakan latihan simulasi di pantai Padang Galak, Sanur.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas personel di lapangan, sehingga mampu melaksanakan tugas yang terkait dengan kemampuan penanganan korban bencana. Selain itu, juga untuk memantapkan koordinasi antar instansi terkait,” ucap Kombes Pol. Dr. Agung Widjayanto, SpF., DFM dalam laporannya saat acara pembukaan pelatihan DVI di Ruang Rapat Ditlantas Polda Bali, Kamis (24/8).

Perwira melati tiga ini menambahkan, pelaksanaan pelatihan DVI di Provinsi Bali dilaksanakan secara rutin dan periodik. Pelatihan DVI dilaksanakan agar dapat memberikan pembekalan pengetahuan dan acuan penatalaksanaan korban bencana massal khususnya identifikasi korban yang sulit dikenali.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan Provinsi Bali akan mempunyai Tim DVI yang terlatih dan bersifat permanen yang mana dalam pelaksanaan tugasnya, memerlukan kerjasama serta dukungan dari berbagai pihak,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password