Polres Lampung Timur di Pimpin Kabag Ops Kompol Ujang Supriyanto, S., E., Amankan Eksekusi Tanah Irigasi Jabung

Polres-Lampung-Timur-dan-Jajarannya-Amankan-Proses-Ekseskusi-Lahan-Pembangunan-Irigasi-Jabung-01

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Kepolisian Resor (Polres) Lampung Timur dan didukung oleh Polsek Rayon III, mengerahkan 150 personil anggotanya guna pengamanan eksekusi lahan pengadaan pembangunan irigasi di Desa Negara Saka dan Desa Asahan Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Pengamanan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut (22-23 Agustus 2017) juga di hadiri oleh berbagai macam instansi terkait, antaralain :

  • Pengadilan Negeri (PN) Sukadana yang di wakili oleh Panitera PN Sukadana Zainal Husein, Juru Sita dari PN Sukadana Kusmayadi dan Saksi Juru Sita PN Sukadana Jimmi dan Arsan.
  • Polda Lampung yang di wakili oleh Dit Pam Obvit Polda Lampung AKBP Yusep Arfan dan Dit IK Polda Lampung Kompol Buzman beserta jajaran anggotanya.
  • Polres Lamtim yang di wakili oleh Kabag Ops Res Polres Lamtim Kompol Ujang S, Kasat Intelkam Polres Lamtim Akp Edi Kurniawan, Kasat Sabhara Polres Lamtim AKP RD Pandiyangan, Kapolsek Jabung IPTU Joni Maputra, Kapolsek Waway Karya AKP Firdaus Sugih serta Unit II Sat IK.
  • Wika Minarta di wakili oleh Anggoro S dan Aris Purwanto.
  • Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung di wakili oleh Yusen Kesnaline, Agung Wuryanto, Heru Agus S.
  • Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lamtim yang di wakili oleh Suhadi, Tri Wahyudi dan Mustiko.
  • Kades Negara Saka

Adapun titik- titik lahan yang akan dilakukan dieksekusi, antara lain meliputi :

  • Milik saudara Yusuf Wahidan, beralamat di Desa Negara Saka Kecamatan Jabung. Tanah yang terkena ganti rugi seluas 680 M² dg nilai ganti rugi sebesar Rp. 44.400.000,-. (Status: Tidak menerima nilai ganti rugi karena tidak sesuai, dan tanah sisa seluas 3000 M² minta dibebaskan juga).
  • Milik saudara M Ali, beralamat di Desa Negara Saka Kecamatan Jabung, tanah yang terkena ganti rugi seluas 2562 M² dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 198.900.000,-. (Status : Tidak menerima ganti rugi karena tanahnya tidak sesuai ukuran sebenarnya).
  • Milik saudara Rudiyanto, beralamat di Desa Negara Saka Kecamatan Jabung, tanah yang terkena ganti rugi seluas 798 M² dengan nilai ganti rugi Rp. 57.500.000,-. (Status : Tidak menerima ganti rugi karena nilainya tidak sesuai, serta tanah sisa seluas 3000 M² minta di bebaskan juga).
  • Milik saudara Lukman, beralamat di Desa Asahan Kecamatan Jabung, memiliki 2 bidang tanah dengan ukuran masing-masing seluas 2.434 M² dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 143.400.000-,. (Status : Tidak menerima ganti rugi karena tidak sesuai, serta sisa tanah agar di bebaskan juga), dan tanah seluas 3.083 M² dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 144.300.000,-. (Status : Tidak menerima ganti rugi karena nilainya tidak sesuai serta agar tanah sisa di ganti rugi juga).
  • Milik saudara Hasanudin beralamat di Desa Asahan Kecamatan Jabung , tanah yang terkena ganti rugi seluas 5.941 M² dengan nilai ganti rugi sebesar Rp. 328.300.000-,. (Status : Tidak menerima ganti rugi karena nilainya tidak sesuai serta tanah sisa agar di bebaskan juga)..

Polres-Lampung-Timur-dan-Jajarannya-Amankan-Proses-Ekseskusi-Lahan-Pembangunan-Irigasi-Jabung-02

Kemudian, secara teknis mekanisme pelaksanaan eksekusi yaitu, pembacaan putusan hakim oleh pihak PN Sukadana di lokasi pembangunan irigasi, dilanjutkan dengan penggalian batas lahan bagian kiri dan kanan, yang dieksekusi menggunakan alat berat (buldozer & eksavator) pada objek pertama di Desa Negara Saka yang kemudian dilanjutkan di Desa Asahan, dengan jarak antara objek pertama dengan objek kedua berkisar 200 meter. Dilampirakan dan dibaca pula surat-surat bukti pada permohonan tersebut berupa :

  1. Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor : GD45LBJIHK/2015 tertanggal 18 Mei 2015.
  2. Berita Acara Kegiatan Pengadaan Tanah Irigasi Jabung Nomor 1340.a/30018.07IXllI2015 tertanggal 10 Desember 2015.
  3. Berita Acara Kegiatan Pengadaan Tanah lrigasi Jabung Nomor 1341.al30018.07IXllI2015 tertanggal 10 Desember 2015.
  4. Resume Penilaian atas Tanah yang terkena Irigasi Jabung bulan November 2015.
  5. Surat Penetapan Konsignasi No.01/Pdt.P/Kons/2015/PN.Sdn tanggal 05 Januari 2016.
  6. Surat Pemberitahuan Pemutusan Hubungan Hukum No.95/300-18.07NI2017 tertanggal 26 Mei 2017.
  7. Dokumen atas hak ‘yang terkena pembebasan atas tanah untuk pembangunan irigasi Jabung.
  8. Permohonan Eksekusi Nomor 02/Eks/2017/PN.Sdn tertanggal 31 Januari 2017.

Setelah selesai pembacaan putusan di objek 1 dan 2, selanjutnya pihak PN Sukadana menyerahkan kepada pihak pemohon dalam hal ini Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji – Sekampung (BBWSMS) terkait pelaksanaan pembangunan irigasi.

Terkait hal tersebut, pihak BPN Lamtim telah mengantongi data terkait dengan lokasi dan luas lahan yang akan dieksekusi, sehingga dipastikan tidak akan terjadi salah eksekusi atau mengambil lahan orang lain. Usai pelaksanaan eksekusi lahan irigasi di Desa Negara Saka dan Desa Asahan Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur tersebut, pada pukul 13.30 wib tim eksekusi meninggalkan lokasi, sementara pihak Kepolisian Polres Lamtim tetap berjaga di lokasi, guna mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan. (*)

 

Penulis : Catur / Polres Lampung Timur
Editor : Umi Fadilah
Publish : Catur Budi Setiawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password