Kapolres: Jika Ada Ormas Anti Pancasila di Karanganyar, Wajib Ditindak Tegas

IMG_20170824_121604_829

Tribratanews.polri.go.id – Polres Karanganyar- Polda Jateng- Dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 yang telah ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 10 Juli 2017, Polres Karanganyar langsung bergerak cepat dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi.

Perppu yang mengatur tahapan sanksi bagi ormas anti Pancasila dinilai lebih ringkas dibandingkan UU Nomor 17 tahun 2013. Jangakaunnya lebih luas untuk menindak ormas pengancam NKRI.

Hal itu disampaikan Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, SIK, MSi menjelaskan isi dari Perppu ini kepada peserta Sosialisasi Perppu Nomer 2 Tahun 2017 di Gedung Wanita Karanganyar, Kamis (24/08/2017).

Sosialisasi yang diikuti oleh para Kapolsek, Danramil dan Camat serta lurah se-Kabupaten Karanganyar ini dihadiri juga oleh ketua Ormas-ormas se Karanganyar. Kegiatan ini dimotori oleh Sat Binmas Polres Karanganyar dibawah Komando Kasat Binmas Polres Karanganyar AKP Suwarsi SH.

“Perppu ini menjangkau apa yang sebelumnya tidak menjangkau dalam UU ormas sebelumnya ,” ungkap Kapolres Karanganyar.

Hadirnya ormas-ormas radikal yang kini tumbuh subur di Indonesia dan justru bisa mengancam persatuan dan kesatuan bisa ditekan dengan kehadiran Perppu ini. Pemerintah memunculkan Perppu ini juga sudah konstitusional. Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 138/PUU-VII/2009.

“Ini adalah sebagai langkah preentif dan preventif untuk membersihkan ormas-ormas yang memang dianggap akan mengancam NKRI. Jadi ini tepat,” imbuh Kapolres.

Kapolres Karanganyar menegaskan bahwa Polri khususnya Polres Karanganyar akan mengawal pelaksanaan peraturan tersebut dan memerintahkan kepada jajarannya untuk mengantisipasi dampak dari diterbitkannya perppu tersebut.

”Saya minta seluruh jajaran Polres Karanganyar sesuai dengan tupoksinya dan juga para Kapolsek agar memonitor dampak diterbitkannya Perpu No 2 Tahun 2017 di wilayah masing-masing tingkatkan pembinaan kepada seluruh masyarakat tentang bahayanya paham radikal dan anti pancasila bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, tingkatkan antisipasi masuknya kelompok-kelompok radikal yang akan menyebarkan paham-paham tersebut ke wilayah Karanganyar.

“Karanganyar harus bersih dari ormas-ormas yang anti pancasila maupun yang menyebarkan paham radikal, jika ditemukan, kami perintahkan untuk ditindak tegas,” tegas Kapolres Karanganyar

Penulis: Iswanez
Editor: Umi Fadilah
Publish: Iswanez

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password