Antisipasi Maraknya Beredar Obat-Obatan Ilegal Berbahaya, Ditresnarkoba Polda Sulbar Lakukan Koordinasi Ke Dinas Kesehatan Provinsi

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Ditresnarkoba Polda Sulbar (Kasubdit 3) Kompol Yeri Mangiri, SH yang menangani Obat-Obat berbahaya (OBAYA) melakukan Koordinasi di Dinas Kesehatan Provinsi, bertemu langsung dengan Kabid Yankes Ibu Sufiani dan Pak Budi Staf FARMASI dan SDM. Rabu (23/08/17).

Terkait peredaran obat ilegal produksi swasta Pihak Kepolisian Polda Sulbar bagian Ditresnarkoba Polda Sulbar  melakukan Koordinasi dengan Lintas Sektor, terutama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Barat dalam melakukan pengecakan atau pengawasan obat-obatan yang diperjualbelikan di Apotek maupun yang digunakan Rumah Sakit.

Adapun Informasi yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi ialah maraknya obat-obat berbahaya seperti diantarnya obat-obat yang tanpa izin edar, obat-obat Kadaluarsa, obat-obat Boje, Somadril dan lain-lain masih banyak dijual di Apotik dan penjual obat-obatan di warung ataupun Mini  Market yang tanpa izin dari Dinas Kesehatan. Penanganan yang akan dilakukan khususnya dari Aparat Kepolisian yang menangani masalah obat-obat berbahaya dan dari BPOM akan melakukan peninjauan ke Apotik, ke pasar-pasar yang sering malakukan jual beli obat-obatan tanpa ada izin dari Dinas Kesehatan.  Direktur Reserse Narkoba menganggapi masalah maraknya obat-obat berbahaya yang diperjual belikan oleh toko-toko obat tanpa izin Dinas kesehatan sebaiknya melakukan penanganan lebih lanjut, karna dampak yang terjadi akan merugikan banyak masyarakat apalagi dikalangan anak-anak, dan remaja.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sulawesi Barat Kombes Pol Kurniadi, SH, SIK, Msi.

“Kita Telah Lakukan Koordinasikan dengan Pihak yang Menangani Hal Tersebut Kususnya Pada Dinas Kesehatan dan BPOM karena kita tidak bisa bekerja sendiri. Kita tidak tahu jenis-jenis obatnya apa saja yang Ilegal, sehingga kita harus melibatkan Mitra Kerja untuk melakukan pengecekan. Kita upayakan dalam waktu dekat sudah kita lakukan pengawasan di lapangan,” Ucap Direktur Reserse Narkoba Polda Sulawesi Barat Kombes Pol Kurniadi, SH, SIK, Msi.

Penulis : Indra Reskiawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password