Kurangi Fatalitas Korban Kecelakaan, Sat Lantas Polres Banyumas Gelar Pelatihan PPGD

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Bertempat di Aula Rekonfu Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah Sat Lantas Polres Banyumas bersama Kementerian Kesehatan RI dan Jasa Raharja menggelar Pelatihan PPGD penanganan korban laka disekitar jalur (Blackspot), Kamis (24/8/17).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh AKBP Winarto, S.I.K dari Korlantas Polri, Drg. Nofrinaldi CFRA, M.Kes dari Kemenkes RI, Mulyadi S.E dari Jasa Raharja dan 80 peserta yang terdiri dari terdiri dari anggota Sat Lantas Eks Karisidenan Banyumas, Jasa Rahrja, Dishub, Damkar, Pol PP, PMR, Club Motor serta komunitas masyarakat daerah lawan laka.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum melalui Kasat Lantas AKP Samsu Wirman, S.H., M.H., S.I.K mengatakan angka kecelakaan di Indonesia masih tinggi meskipun belakangan ini mengalami penurunan khususnya di wilayah Banyumas. Hal ini dinilai perlu untuk diadakan pelatihan PPGD guna mengurangi Fatalitas Korban meninggal karena Kecelakaan.

“Jangan katakan kecelakaan itu musibah, kecelakaan itu dapat di minimalisir termasuk dalam penanganan saat terjadi laka, fatalitas korban meninggal dapat diselamatkan.”, ungkap Kasat Lantas dalam sambutanya.

Sementara itu, Drg. Nofrinaldi CFRA, M.Kes dari Kemenkes RI mengatakan berdasarkan surve WHO, laka lantas di Indonesia skitar 38.000 kejadian perhari. Dan skitar 105 perhari korban meninggal, artinya tiap satu jam ada 4 orang meninggal dan kemungkinan karena keterlambatan penanganan.

“Kalau ada kecalakan jangan diam saja, siapapun boleh untuk melakukan pertolongan pertama. Untuk itu dengan adanya pelatihan ini kita latihkan untuk bagaimana penanganan dalam kecelakaan karena undang-undang membolehkannya.”, tuturnya.

Usai sambutan para nara sumber, acara dilanjutkan dengan pemberian materi dan praktek simulasi penangan terhadap korban kecelakaan serta penyerahan Sertifikat kepada peserta dipenghujung acara.

Penulis : Bagus AW

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password