Polsek Monterado Sampaikan Maklumat Kapolda Kalbar Kepada Warga Dan Perusahaan

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Bhabinkamtibmas Polsek Monterado melakukan Patroli sekaligus menyampaikan Maklumat Kapolda Kalbar tentang antisipasi KARHUTLA di wilayah desa se-Kecamatan Monterado (23/08/2017).

Bhabinkamtibmas desa Serindu BRIGADIR Dede Sulaiman bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas desa Goa Boma BRIPKA Agung Haryadi laksanakan Patroli ke perusahaan PT. Jo Perdana yang berada di desa Serindu dan desa Goa Boma, perusahaan ini menjalankan usahanya di bidang perkebunan kelapa sawit sehingga di pandang sangat perlu untuk melakukan Patroli dan menyampaikan Maklumat Kapolda Kalbar tentang antisipasi KARHUTLA pada perusahaan tersebut.

Setibanya di perusahaan PT. Jo Perdana BRIPKA Agung Haryadi dan BRIGADIR Dede Sulaiman disambut oleh Kepala Divisi 1 perkebunan wilayah desa Goa Boma Kecamatan Monterado bapak Darmawan dan beberapa orang petugas keamanan perusahaan.

BRIPKA Agung Haryadi yang merupakan Bhabinkamtibmas desa Goa Boma langsung memberikan himbauan secara dialogis kepada pihak perusahaan yang ada saat itu, BRIPKA Agung Haryadi juga mengingatkan kepada pihak perusahaan melalui bapak Darmawan untuk tidak melakukan pembakaran di wilayah perkebunan serta mengingatkan pihak perusahaan untuk meningkatkan kewaspadaan apabila terjadi kebakaran disekitar lahan perkebunan untuk segera melakukan tindakan pemadaman.

Sementara itu BRIGADIR Dede Sulaiman menghimbau kepada petugas keamanan perusahaan untuk meningkatkan Patroli ke seluruh lahan perkebunan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan di sekitar lahan perkebunan, Bhabinkamtibmas desa Serindu ini juga meminta pihak Perusahaan untuk melakukan pengadaan alat pemadam kebakaran sebagaimana dimaksud dalam pasal 56 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan, jika sudah ada agar di rawat dan di jaga dengan sebaik-baiknya agar pada saat akan digunakan alat tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Selain melakukan himbauan secara dialogis kepada pihak perusahaan, kedua Bhabinkamtibmas Polsek Monterado ini juga menempelkan selebaran Maklumat Kapolda Kalbar tentang antisipasi KARHUTLA di dinding kantor perusahaan PT. Jo Perdana, dengan tujuan agar isi Maklumat Kapolda Kalbar tersebut dapat diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan perusahaan.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Door To Door Sistem (DDS) ke rumah warga sebagai upaya Preventif atau pencegahan serta memberikan dan menempelkan selebaran Maklumat Kapolda Kalbar agar warga selalu menjaga lingkungan dengan tidak melakukan pembakaran lahan pada saat membuka lahan dan apabila terjadi kebakaran hendaknya menghubungi pihak yang terkait.

“Kami berkewajiban menyampaikan himbauan dan Maklumat Kapolda Kalbar tentang antisipasi KARHUTLA tersebut kepada masyarakat maupun perusahaan, tujuannya agar seluruh masyarakat dan perusahaan yang ada di Kecamatan Monterado Kabupaten Bengkayang dapat mengetahui isi Maklumat Kapolda Kalbar tersebut dan mematuhinya, karena ada sanksi Pidana bagi para pelaku yang melanggar ketentuan hukum tersebut. Namun kami berharap itu tidaklah terjadi di wilayah kita, semoga masyarakat dapat memahami dan mentaatinya”. Ujar Kapolsek Monterado saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password