Kapolda Sulbar Vicon Bersama Kapolri Terkait Kesiapan Pengamanan Idul Adha 1438 H.

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Bertempat di Ruang Data Mapolda Sulbar Jln. Ahmad Kirang Mamuju, telah berlangsung Vidio Cenference (Vicon) bersama Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian dalam rangka kesiapan menghadapi libur panjang Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Agustus atau 1 September yakni hari Kamis dan Jumat. Rabu (23/o8/17) sekitar Pukul 09.00 Wita

Kegiatan Vikon bersama Kapolri pada jajaran Polda Sulbar diikuti langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Nandang, MH, Wakapolda, Irwasda, Kasrem 142 Tatag, Para Pejabat Utama Polda Sulbar, yang mewakili Kadishub Provinsi Sulbar, Dinas Kesehatan, Dandim 1401 Majene, Para kapolres Jajran Polda Sulbar, Jasa Raharja, Keminfo Prov Sulbar dan seluruh tamu undangan lainnya.

Dalam pelaksanaannya, dibahas beberapa poin pokok diantarnya untuk arus mudik dan arus balik di Jawa maupun di jajaran agar diantisipasi. Sama juga halnya dengan jalur laut di Polda Kepulauan agar tetap diantisipasi.

Selain itu, untuk harga sembako daging hewan jangan samapai tinggi, jangan sampai inflasi. Awasi dan jaga stabilitas. Pengalaman idul Fitri kemarin kita dapat apresiasi dari bapak Presiden dan warga masyarakat.

Tidak hanya itu, Antisipasi terorisme. Di Inggris, Finlandia terjadi agar diantisipasi. Densus sudah menangkap 18 orang terutama di Bandung. Menggunakan bahan radio aktif. Di Bali ada anggota Brimob bawa senjata panjang dipukul, senjata dirampas sampai sekarang tidak ketemu. Rawan karena bisa digunakan untuk teror.

Menurut KA BIK : Komjen Lutfi seluruh Stake Holder Antisipasi kegiatan Idul Adhan mulai dari Takbir keliling, Sholad Ied, Pembagian Hewan Kurban termasuk segala bentuk ancaman seperti terorisme, pemilihan ulang, harga sembako, intoleransi, buruh, medsos, bencana alam banjir, tanah longsor, curas.

Selain itu, Transportasi agar diantisipasi PAM arus. Jangan sampai tejadi peristiwa Brebes Exit. Jalur bandara, jembatan penyebrangan dan laut juga diatensi. Infrastruktur jalan yang sedang dipersiapkan agar dibantu PAM. Jalur tol dan jalur penyangga serta jalan arteri agar diatensi.

Untuk Stok pangan masih cukup. Bulog akan laksanakan langkah antisipasi harga. Distribusi, spekulan dan penimbunan agar diantisipasi. Ops pasar harus dilakukan.

Lain halnya dengan Paparan AS OPS KAPOLRI Infrastruktur jalan yang sedang dibangun diantisipasi, Rest area hindari antrian tempatkan personil. Buat kantong parkir, Kerawanan idul adha teror, padat penumpang di bandara dan sebagainya, keributan, arus mudik, keramaian di tempat wisata.

Sedangkan menurut penjelasan KASATGAS PANGAN Harga pangan mulai naik terutama cabe, Bulog target 10.000 ton. Minggu ini terjadi penurunan, di beberapa Polda langsung Koord dengan Bulog agar capai target 10.000 ton, Seluruh Polda dengan stake holder terkait laksanakan stabilisasi harga. Ada 122 penindakan Bapok. 137 kasus non bahan pokok, Impor garam sudah dilaksanakan.

KEMENTRIAN PERHUBUNGAN dalam kesempatannya, mengapresiasi kinerja dan kesiapan POLRI, selain itu pihaknya juga menjelaskan Pembatasan kendaraan dilakukan mulai hari Kamis Siang truk dilarang lewat demikian pula dengan baliknya mulai Jumat siang sampai Minggu pagi dan Jemen lalu lintas dimulai dari jakarta. Pekerjaan jasa marga dihentikan dan Minta bantu polri untuk proaktif di titik rawan.

MENTERI PUPR :  disiapkan posko Sapta taruna utk antisipasi banjir di daerah rawan banjir, Kesiapan infrastruktur Brebes dan grinsing tdk bisa dipakai, Mck rest area akan disiapkan, H-2 hari Rabu pekerjaan jalan akan dihentikan untuk berikan kenyamanan.

KEMENTERIAN KESEHATAN : Kesiapan arus mudik pemudik sakit akan disiapkan pos, Rikes pengemudi juga disiapkan, Akupresur disiapkan juga, Pasien kes idul Adha di puskesmas, RS, Kantor kesehatan ada 2.922 lokasi.

KEMENTERIAN KOMINFO Akan menambah kapasitas jaringan, Sementara itu SOP TNI dan JASA RAHARJA siap mendukung kelancaran pelaksanaan pengamanan Idul Adha 1438 H.

Penulis : Dhyman

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Sirrahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password