Problem Solving Bhabinkamtibmas Polsek Monterado Hasilkan Kedua Pihak Berdamai

Tribratanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Bhabinkamtibmas desa Monterado lakukan Problem Solving terhadap warga sehingga masalah dapat diselesaikan dengan cara damai (21/08/2017).

Bertempat di ruang Balai Kemitraan Polsek Monterado, BRIPKA Suriana Pepel yang merupakan Bhabinkamtibmas desa Monterado melakukan mediasi terkait perkara penganiayaan ringan antara warga yang berinisial LL (Korban) dengan RD (Pelaku) yang mana keduanya merupakan warga desa Monterado.

Mediasi yang dilakukan oleh BRIPKA Suriana Pepel ini untuk mencari solusi atas permasalahan yang telah terjadi pada kedua belah pihak agar tidak berkepanjangan. Tentunya sudah menjadi tugas dari seorang Bhabinkamtibmas bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh warga dengan tujuan agar warga desa dapat hidup berdampingan dengan rukun.

Mediasi yang dilakukan oleh BRIPKA Suriana Pepel dengan kedua belah pihak yang berselisih akhirnya menghasilkan Problem Solving dengan kesepakatan bahwa Korban mau memaafkan apa yang telah dilakukan oleh Pelaku terhadap dirinya, Pelaku mau dan sanggup menanggung segala biaya pengobatan atas sakit yang diderita Korban akibat perbuatan Pelaku, Kedua belah pihak bersepakat bahwa permasalahan tidak dilanjutkan kepada proses hukum. Semua poin kesepakatan dicantumkan dalam Surat Pernyataan.

Kapolsek Monterado IPTU Rismanto Ginting, SH membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan Problem Solving melalui Bhabinkamtibmas desa Monterado BRIPKA Suriana Pepel, yang mana perkara tersebut terjadi antara sesama warga desa Monterado yang berujung terjadi penganiayaan ringan terhadap salah satu warga.

“Kita mengedepankan peran Babhinkamtibmas desa terlebih dahulu untuk melakukan sesuatu yang dianggap dapat peredam permasalahan yang dihadapi oleh warga desa Binaannya, tentunya Bhabinkamtibmas terus berkoordinasi dengan Kanit Binmas untuk menentukan hal apa saja yang harus dilakukan, sehingga dapat tercapai hasil yang baik untuk warga dan pihak Kepolisian tentunya”. Terang Kapolsek Monterado saat di konfirmasi di ruang kerjanya.

Mediasi diakhiri dengan penandatanganan Surat Pernyataan oleh kedua belah pihak dan Saksi-saksi, kemudian kedua belah pihak bersalaman.

Penulis : Eko Wahyu Sudianto
Editor : Umi Fadillah
Publish : Cucu Safiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password