Bersama Biddokkes Polda Kalsel, Polres Barito Kuala Dirikan Posko DVI Ante Mortem untuk Tangani Korban Laka Air

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Terkait terjadinya laka air yang terjadi di Sungai Barito Desa Belandean Kec. Berangas Kab.  Batola pada hari Senin (21/8/2017) yang mengakibatkan 3 orang tenggelam masih belum ditemukan dan 6 orang berhasil diselamatkan, maka Urkes Polres Batola bekerjasama dengan Biddokkes Polda Kalsel untuk mendirikan Posko DVI Ante Mortem di Mako Satuan Polair Polres Batola di Desa Jelapat Kec. Tamban Kab. Batola, Selasa (22/8/2017) sekitar pukul 10.00 Wita.

Tujuan dari Pendirian Posko DVI Ante Mortem ini yaitu untuk menerima data sebelum korban meninggal dari pihak keluarga, teman,  ataupun perusahaan tentang korban yang tenggelam (hilang), baik terkait data fisik,  beberapa salinan kartu identitas (KTP/Kartu Keluarga), warna kulit, gigi,  maupun ciri khusus lainnya.

Karena pihak keluarga korban berada di wilayah luar Kalsel, maka Urkes Polres Batola bersama Satuan Polair mencari sendiri data-data dari 3 orang korban tenggelam yang masih belum ditemukan tersebut. Adapun 3 orang korban tersebut antara lain :

  1. Munir (35 tahun, suku jawa, alamat Blora Jateng)
  2. Wanto (35 tahun, suku jawa, alamat Purbalingga Jateng)
  3. Johan (38 tahun, suku jawa, alamat Purbalingga Jateng)

Dari hasil data fisik (Ante Mortem)  yang didapat langsung dari salah satu rekan kerja korban yang selamat dari kejadian tersebut yaitu Robiyanto di Mess Doking PT Batola Prima Tama, petugas mendapat data ciri-ciri menonjol 3 orang korban tersebut antara lain :

  1. Munir (ada tahi lalat besar di dekat dagu, rambut ikal, kulit sawo matang, gemuk dan pendek)
  2. Johan (rambut cepak, kulit hitam, tinggi badan 150 cm, menggunakan gelang besi di tangan kiri)
  3. Wanto (rambut cepak, kulit sawo matang, tinggi badan 165 cm, terakhir menggunakan baju merah bergaris putih)

“Diharapkan dengan data yang didapat dari Ante Mortem ini bisa digunakan untuk mencocokkan ciri-ciri ketiga korban di kemudian hari apabila ditemukan dalam kondisi yang tidak bernyawa dan kondisi fisik tidak bisa dikenali (tidak utuh lagi),” pungkas Paurkes Polres Batola, Brigadir Erwin P.  Sitanggang,  AMK,  S.H.

Disela-sela melakukan pendataan  Ante Mortem, Urkes Polres Batola beserta Satuan Polair Polres Batola juga melakukan pencarian disekitar TKP guna membantu mempercepat penemuan ketiga korban yang masih belum ditemukan tersebut.

Penulis : Arum

Editor : Umi Fadilah

Publish : Sayyid M.R

Admin Polri54150 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password