Buron Tujuh Tahun, Pelaku Pembunuhan di Grobogan Berhasil Diungkap

img-20170112-wa0165

img-20170112-wa0163

Tribratanews.polri.go.id – Satuan Reserse Kriminal Polres Grobogan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan yang telah terjadi tujuh tahun silam.

Peristiwa tersebut terjadi di Dusun Geneng RT 4 RW 6, Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer.

Untuk menjaga keamanan pelaku yang memperagakan delapan adegan, rekonstruksi digelar di luar lokasi kejadian tepatnya di Dusun Sambak RT 4 RW 9, Desa Danyang, Kecamatan Purwodadi, Kamis (12/1/2017).

Dalam rekonstruksi tersebut, pelaku, Suwarto (31) memperagakan delapan adegan. Mulai dari aktivitas menenggak miras di pos kampling desa setempat sampai membunuh korban, Slamet (33) dengan sebilah parang. Korban merupakan tetangga pelaku.

Saat menjalani rekonstruksi, pelaku tampak tertunduk dan mengenakan peci warna hitam, kaos tahanan dan celana jins. Kedua tangannya dalam kondisi diborgol selama proses memeragakan adegan pertama hingga terakhir.

Terungkap dalam rekonstruksi, penyebab tindakan sadis dari pelaku adalah masalah sepele. Pelaku tersinggung saat ditegur korban terkait tindakannya memecah botol kaca di depan rumah korban.

Korban khawatir pecahan kaca akan mengenai anak-anak kecil yang bermain di depan rumahnya. Namun, pelaku justru tersinggung saat diingatkan dan mengancam akan membunuh korban. Pelaku kemudian mengambil parang dari rumah dan menghampiri korban. Kemudian terjadi pembacokan hingga korban meninggal.

“Rekonstruksi ini bagian dari penyidikan untuk membuat kasus menjadi jelas. Selama proses rekonstruksi tidak ada hambatan. Sudah ada anggota Sabhara yang menjaga,” kata Kasat Reskrim Polres Grobogan, AKP Eko Adi Pramono.

“Setelah membunuh, pelaku melarikan diri ke Kalimantan. Kami sempat kesulitan melacak pelaku. Tapi akhirnya ditangkap juga. Ini tidak lepas dari informasi yang disampaikan masyarakat kepada kami,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password