Tim Ekspedisi Polwan Cartenz Terima Rekor Dunia Dari Muri

IMG-20170822-WA0951

Tribratanews.polri.go.id – Mabes Polri. Kapolri Jenderal Polisi Drs M.Tito Karnavian, MA, PhD, menyambut kedatangan tim ekspedisi pendaki puncak cartensz Jaya Wijaya Papua, sebanyak 24 Polwan RI yang telah mengibarkan bendera Merah Putih di Puncak Gunung Cartensz. Acara di selenggarakan di Wisma Bhayangkari, Selasa (22/08/2017).

IMG-20170822-WA0950Acara diawali dengan laporan ketua panitia tim ekspedisi, dilaporkan bahwa terdapat 98 orang yang ikut seleksi yaitu ada tes kesehatan, kesamaptaan jasmani dan psikologi. “Seleksi ini bertujuan untuk menjaring Polwan yang memiliki mental dan daya juang tangguh dan kemampuan fisik yang prima,” ujar Brigjen Pol Sri Handayani. Dari 98 orang tersebut, lulus seleksi sebanyak 24 orang. Kemudian mereka melakukan pelatihan terpusat di Sukabumi. “Ini prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Polri dengan dikibarkannya Bendera Merah Putih tepat pada tanggal 17 Agustus 2017 di puncak gunung Cartensz,” imbuh Brigjen Pol Sri Handayani.

Terkait pendakian ini, museum rekor Indonesia (Muri) menilai bahwa tim Polwan telah memecahkan rekor yang diserahkan langsung oleh Jaya Suprana kepada Kapolri. “Suatu kehormatan bagi museum rekor Indonesia memberikan penghargaan atas prestasi yang luar biasa. Ini sebagai rekor pertama Indonesia, belum pernah ada anggota Polisi, tim beregu Polwan berhasil mendaki gunung dengan ketinggian 4884 mpdl. Sehingga ini bukan rekor Indonesia tetapi merupakan rekor dunia. “Dengan bangga ini bukan rekor Indonesia tapi rekor dunia,” ujar Jaya Suprana. Muri memberikan dua piagam penghargaan, yang pertama dianugerahkan kepada tim Polwan yang berhasil sampai puncak dan piagam kedua dianugerahkan kepada Polri.

Ditempat yang sama Kapolri menyampaikan bahwa momen ini adalah extra ordinary. Prestasi luar biasa bagi Polwan. “Momen ini menunjukan Polwan tidak kalah fisik dibanding polisi pria,” ujar Kapolri.

Pendakian ini terlaksana atas ide dari Ibu Asuh Polwan, Ny Tri Tito Karnavian yang prihatin melihat kondisi Polwan. “Ingin membangkitkan kembali Polwan dengan prestasi. Tidak hanya dipandang sebagai warga kelas dua, tetapi Polwan juga mampu bertugas sama seperti polisi laki-laki,” ujar Kapolri lebih lanjut.

Penulis: Tim

Editor: Umi Fadilah

Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password