Coffe Morning dengan Media, Kapolda Bali: Gerakan Premanisme Mempengaruhi Angka Kriminalitas di Bali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali,  Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengundang seluruh Pimpinan Redaksi dan Wartawan Media Cetak, Elektronik dan Online dalam sebuah acara coffe morning. Acara yang diprakarsai Bidang Humas Polda Bali ini, juga dihadiri Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Gede Alit Widana, S.H., M.Si. beserta Pejabat Utama Polda Bali, bertempat di Restoran Hongkong Garden, Jalan Bypass Ngurah Rai, Denpasar, Selasa (22/8).

Dalam sambutannya, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan bahwa acara ini merupakan momen yang baik untuk mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik antara Polri khususnya Polda Bali dengan rekan-rekan media. Melalui kegiatan ini, diharapkan adanya kerjasama dari media sebagai mitra dalam membantu tugas kepolisian, khususnya di bidang penyajian berita atau informasi dan kinerja Polda Bali.

Polri sebagai lembaga yang bertugas sebagai pelayan publik hampir tidak luput dari sorotan, kritikan, keluhan dan kadang pujian, sehingga memposisikan Polri menjadi sumber informasi utama dan bahkan menjadi primadona bagi insan pers yang kadang-kadang dibuat sensasional ketimbang substansial.

“Peran media sangat penting dalam pencitraan Polri, melalui penyajian informasi berita yang berimbang untuk menumbuhkan optimisme dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Para insan pers harus dapat memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ucap Kapolda Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Bali mengaku selama 8 bulan menjabat, pihaknya sukses meredam tindak kejahatan yang terjadi di Bali. Salah satu program kebijakan unggulan Kapolda Bali selama ini, mampu meminimalisir gerakan kelompok premanisme dan tentunya sangat mempengaruhi angka kriminalitas di Bali. Terlebih, kasus yang berhubungan dengan masalah street crime (kejahatan jalanan) di beberapa wilayah, sudah mendekati titik zero.

“Setelah saya analisa, program pemberantasan premanisme mempengaruhi angka kriminalitas. Sekarang ini tingkat kriminalitas di Bali sejajar dengan beberapa Polsek di Jakarta,” tegas Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose.

Hal penting yang menjadi sorotan Kapolda adalah persoalan narkoba. Menurutnya, persoalan narkotika di Bali sudah sangat kompleks dan harus disikapi bersama. Sedianya, kesulitan dalam pengungkapan peredaran gelap barang terlarang selama ini mampu diatasi melalui pembentukan Satgas Counter Transnational and Organized Crime (CTOC).

Sekali lagi, jenderal lulusan Akpol 1988 ini mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada media yang selama ini sudah mendukung pelaksanaan tugas kepolisian khususnya Polda Bali. Salah satu yang mendapat perhatian yaitu pemberitaan terkait pengibaran bendera merah putih raksasa di Pantai Pandawa untuk menggelorakan cinta NKRI.

”Saya lihat di CNN, Polda Bali viralnya nomor satu di Indonesia dan mendapat apresiasi dari Kapolri dan seluruh jajaran kabinet tentang kegiatan pengibaran bendera untuk menggelorakan cinta Indonesia, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” imbuh jenderal asal Manado ini.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Adhitya Yoga

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password