Polwan Goes To School : Para Polisi Wanita Tumbuhkan Kesadaran Berlalu Lintas di SMAN 1 Kendal

IMG_20170822_102106_755

Tribratanews.polri.go.id, Kendal – Remaja merupakan masa yang paling labil, dan apabila dilihat dari jumlah angka pelaku pelanggaran lalu lintas masa remaja termasuk yang paling dominan, khususnya umur 17 hingga 25 tahun. Maka dari itu dalam rangka menyambut Hari Jadi Polisi Wanita yang ke 69, Polwan Polres Kendal memberikan pembinaan tentang Kesadaran Hukum dan Tertib Berlalu Lintas di SMAN 1 Kendal melalui program Polwan Goes To School, Selasa (22/8/2017).

Kasubbag Hukum Polres Kendal AKP Sri Utami, S.H. yang juga merupakan senior Polwan di Polres Kendal memimpin kegiatan Polwan Goes to School di SMAN 1 Kendal. Acara diawali dengan pengenalan anggota Polwan dari berbagai fungsi termasuk tugas-tugasnya. Siswa SMAN 1 Kendal sejumlah kurang lebih 100 siswa dari kelas 11 yang mengikuti kegiatan tersebut di perkenalkan dengan Polwan yang bertugas di Bagian Operasi, Bagian Sumber Daya, Satuan Reskrim, Intelkam, Binmas, Lantas, Sabhara dan juga Seksi Propam.

IMG_20170822_102602_708

Setelah dikenalkan dengan tugas-tugas pokok Kepolisian, AKP Sri Utami memberikan materi kepada para siswa tentang perlunya kesadaran  hukum dan juga tertib berlalu lintas dalam kehidupan sehari-hari. AKP Utami mengungkapkan, dengan berperilaku baik, sikap, mental yang kuat serta mentaati peraturan yang ada, maka para siswa akan terhindar dari tindak pidana ataupun bentuk kenakalan remaja lainnya yang kini semakin marak diberitakan oleh media-media masa yang ada seperti pelanggaran lalu lintas, tawuran pelajar, narkoba dan pelanggaran asusila.

“Pelajar adalah tunas-tunas bangsa yang akan menentukan arah negara Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik dan lebih terdepan dimasa depannya,” kata AKP Utami.

Di sisi lain sesuai arahan Kapolres Kendal AKBP Adiwijaya, S.I.K., AKP Utami menyampaikan bahwa Polri sesuai tugas pokok dan fungsinya berperan untuk mencegah hal-hal negatif yang bisa terjadi kepada para pelajar dengan berbagai terobosan, diantaranya adalah memberikan pembinaan ke sekolah-sekolah tentang kesadaran hukum dan tertib berlalu lintas. Seperti dalam program Polwan Goes to School yang dilaksanakan oleh para Polwan itu yakni di bidang pendidikan ketertiban berlalu lintas yang merupakan bagian dari pelajaran tata krama, atau sopan etika berlalu lintas yang perlu diajarkan kepada setiap pelajar, karena cerminan budaya suatu bangsa dapat dilihat dari etika berlalu lintas di jalan.

Penulis : Bagus Prakoso

Editor : Umi Fadilah

Publish : Bagus Prakoso

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password