Begini Upaya Polres Banyumas dalam Gunakan Bus Keliling Berikan Layanan Kepolisian

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Alternatif layanan masyarakat yang dilakukan Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah saat mulai di uji cobakan pada bus keliling, Senin (21/8-2017).

Layanan Kepolisian yang di uji cobakan meliputi penerimaan Laporan Polisi On The Spot (jemput bola) untuk pembuatan SKCK keliling dan menerima keluhan dari masyarakat.

Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum menymapaikan bahwa tujuan dilaksanakanya sistem pelayanan Kepolisian menggunakan bus keliling antara lain sebagian layanan Kepolisian telah berhasil dilaksanakan secara keliling dilapangan dan lebih mendekat kepada masyarakat seperti SIM keliling dan SAMSAT keliling.

Dari Polres Banyumas juga menyediakan layanan Laporan Polisi, SKCK dan keluhan dengan cara keliling (jemput bola) belum dilaksanakan secara reguler atau rutin.

“Bahwa tidak semua masyarakat berani melapor ke Polisi atau masyarakat tidak memiliki kemampuan untuk datang melapor ke kantor Polisi dan sebagian masyarakat masih awam terhadap beberapa layanan Kepolisian atau untuk lebih memudahkan masyarakat dalam urusan yang menyangkut tugas dan kewenangan Kepolisian.”, papar Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan bahwa inti dari layanan Kepolisian menggunakan bus keliling agar lebih memudahkan masyarakat mendapatkan layanan Kepolisian dan menambah sebaran layanan Kepolisian ke daerah-daerah terpencil/on the spot TKP dan daerah-daerah lainnya yang jauh dari kantor Kepolisan.

Bus layanan Kepolisian keliling diawaki oleh Pa Siaga Ops (Bag Ops) selaku petugas koordinator dan pengendali bus keliling yang terkoneksi dengan sistim monitoring pada Command Center Polres Banyumas. Dengan personel 2 orang piket Reskrim, 2 orang piket Sabhara, 1 orang piket Provost, 1 orang piket SPKT, 1 orang driver dibuat bergiliran.

Dalam pelaksana wajib membuat pembukuan (buku mutasi) tentang kegiatan layanan bus keliling. Perwira Siaga Ops setiap hari merekap seluruh layanan dan melaporkan kepada pimpinan secara berjenjang (Kapolres/Waka/Kabag Ops). Selanjutnya pimpinan akan memerintakan tindak lanjut hasil layanan harian tersebut melalui disposisi untuk segera dilaksanakan oleh fungsi-fungsi pelaksana (Satfung/Polsek).

Layanan bus keliling di lengkapi fasilitas menggunakan Bus bertuliskan Balai Layanan Kepolisian Keliling (Laporan Polisi, pembuatan/perpanjangan SKCK, menerima keluhan masyarakat). Bus berlogo Polda Jawa Tengah dan bertuliskan Polres Banyumas. Bus keliling tersebut dilengkapi 3 CCTV, 2 laptop, 1 set toolkit olah TKP, meja dan kursi lipat, Handy Talky (HT), 1 printer, 1 mesin genset, router dan modem internet, 1 televisi. 1 lampu running text, banner-banner berisi mekanisme Layanan Kepolisian, whiteboard untuk paparan.

“Upaya Polres Banyumas dalam rangka memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan Kepolisian, selanjutnya pelaksanaan layanan ini akan terus dilakukan anev demi kesempurnaan.”, pungkas Kapolres.

Penulis : Sukiyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

Admin Polri54021 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password