Gaungkan Tertib Berlalu Lintas, Polwan Polrestabes Makassar Sambangi SMA Katolik Rajawali

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Dalam memperingati HUT Polwan ke 69 Tahun 2017 Polwan Polrestabes Makassar melaksanakan kegiatan Goes To School di SMA Katolik Rajawali Makassar, Selasa (22/08/17).

Kegiatan Polwan Goes To School di pimpin oleh Akbp Suswati Mulking dan di terima oleh kepala sekolah SMA Katolik Rajawali Suster Leoni Taroreh JMJ.

“Kami sangat berterima kasih kepada para Polwan Polrestabes Makassar yang menyempatkan waktunya untuk memberikan sosialisasi kepada para siswa – siswi SMA Katolik Rajawali”, ujar Kepala Sekolah SMA Rajawali.

Sosialisasi ini dibuka dengan menyatakan yel-yel semangat “Siapa kalian? Saya siswa SMA Katolik Rajawali. Dimana kalian? Di dada saya. Pendidikan Yes! Narkoba No!, di teriakan oleh Kabag Ren Polrestabes Makassar Akbp Suswati Mulking.

Kegiatan Polwan Polrestabes goes to school bertujuan untuk mensosialisasikan materi Etika Keselamatan Berlalu Lintas yang di bawahkan oleh Akp Kun Sundarwati Kanit Laka Lantas Polrestabes Makassar.

“Pentingnya para siswa menggunakan Helm serta mematuhi peraturan berlalu lintas dan jika para siswa tidak memiliki SIM agar tidak di perkenankan untuk membawa kendaraan,” ujar Akp Kun Sundarwati.

“Kanit Laka Lantas Polrestabes Makassar juga menghimbau agar tidak mempercayai siapapun selain orangtua dan saudaranya bila di jemput saat pulang dari sekolah,” pungkasnya.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan Polwan Goes To School ini dapat menampilkan sosok Polisi Humanis dan merubah image anggota Polri dimata anak-anak ataupun para pelajar sebagai sosok pembimbing dan penolong masyarakat dan timbulnya kedekatan antara anggota Kepolisian dengan anak-anak ataupun para pelajar.

“Semoga kegiatan ini membawa manfaat dalam upaya Polri mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. Selamat Ulang Tahun Korp Polisi Wanita. Polwan Semakin Jaya,” pungkas Akbp Suswati Mulking.

Pentingnya penyampaian pengetahuan berlalu lintas sejak dini disamping guna membentuk karakter para pelajar mulai usai dini untuk tertib berlalu lintas juga berguna memupuk rasa disiplin serta kesadaran yang tinggi terhadap aturan hukum berlalu lintas agar mereka kelak dapat menjadi warga negara yang patuh hukum sehingga dapat mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang tinggi saat ini dan pelanggaran pelanggaran lalu lintas yang masih di domimasi oleh para pelajar yang belum cukup umur.

Dalam Undang-UUndang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan memberikan amanat kepada semua pihak untuk ikut serta mematuhi lalu lintas ketika berkendara di area lintasan jalan publik. Namun hingga kini, pelaksanaan aturan yang sangat ideal tersebut bukan menghadapi masalah.

Justru faktanya antara apa yang seharusnya dilaksanakan (das sollen) dengan apa yang senyatanya sehari-hari (das sein) acapkali tidak berbanding lurus. Terbukti hingga saat ini masih banyak terjadi pelanggaran berlalu lintas di sana-sini. Secara kebetulan atau tidak, pelaku pelanggaran ternyata tidak sedikit dari masyarakat yang berpendidikan. Pertanyaannya, kenapa hal ini terus terjadi? Bagaimana cara mengurangi atau mengatasinya?

Solusi untuk mengurangi pelanggaran atau banyaknya kecelakaan lalu lintas di jalan raya, tentunya selain perlu penindakan tegas bagi masyarakat yang melanggar ketentuan beralalu lintas, yang utama juga adalah memberikan pencegahan sedini mungkin. Salah satunya melalui sosialisasi atau penyuluhan tertib berlalu lintas bagi pelajar mulai tingkat TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga mahasiswa Perguruan Tinggi.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password