Meriahnya Pawai Budaya di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung. Polres Tanggamus menggelar pengamanan pawai budaya Kabupaten Tanggamus dalam Rangka Memperingati HUT RI ke 72 Tahun Tingkat Kabupaten Tanggamus, Senin (21/8/17).

Kabag Ops Polres Tanggamus Kompol Aditya Kurniawan, S.IK, M.Si. mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.IK, M.Si mengatakan Polres Tanggamus selaku penanggung jawab kegiatan menerjunkan puluhan personil gabungan Sat Lantas, Sat Sabhara Polres Tanggamus dan Polsek Kota Agung guna suksesnya acara.

“Personil gabungan diterjunkan dalam pengamanan, yang juga bekerjasama bersama TNI Kodim 0424 dan Dishub Tanggamus guna memastikan pawai budaya berjalan lancar”, ujar Kompol Aditya Kurniawan seusai kegiatan.

Start awal pawai dari Depan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pekon terbaya kecamatan Kotaagung dan berakhir Finish di Taman Terbuka Hijau Kotaagung resmi di lepas Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj.Af’illah S.Pd.I.

Personil Sat Lantas melakukan pengamanan dan pengawalan peserta pawai budaya Kabupaten Tanggamus.
Personil Sat Lantas melakukan pengamanan dan pengawalan peserta pawai budaya Kabupaten Tanggamus.

Turut Hadir dalam acara tersebut Ketua DWP ibu Andi wijaya,Ibu-Ibu PKK Kabupaten, PLH Sekda Firman Rani, Kadis Kebudayaan Gandung hartadi,Kepala SKPD terkait, Kapolsek Kota Agung Safri Lubis, Koramil Kotaagung, Camat Kotaagung Wiwin Triani, Uspika Kecamatan.

Dalam Laporan Kadis Kebudayaan Gandung Hartadi, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti dari 20 Kecamatan yang ada di Kab.Tanggamus dan terbagi dalam 32 Group yakni melibatkan dari dari tingkat SD,SMP,SMA/MA ,bahkan Upt dari perkecamatan, namun ada juga yang tidak mengirim dikarnakan jarak dan kondisi yang tidak memungkinkan.

“Tujuan dari diadakannya Pawai budaya ini yakni memberikan kepada masyarakat untuk mengenal kembali pahlawan bangsa dengan tema temu kenali kembali karakter Pahlawan sebagai dasar suri tauladan berbangsa” kata Gandung Hartadi.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk kedepan akan dilaksanakn lebih meriah lagi dalam bentuk Tanggamus Karnival, kirab,dan keprajuritan. “Untuk kirab keprajuritan akan dilaksanakan di TMMI Jakarta untuk merebutkan tropi Plus Tingkat Nasional” jelasnya.

Disamping itu juga diberikan Piagam Penghargaan dan Tropi plus Kepada Para juara Pawai budaya.Tropi tersebut akan diberikan langsung Oleh Wakil Bupati Tangamus,Ibu Ketua TP PKK, Keta DWP Tanggamus dan dari Porkopimda Tanggamus. Dengan penilaian meliputi Kreatifitasnya, Tema, Harmonisasi dan Akredesif.

Anggota Sat Sabhara Polres Tanggamus melaksanakan pengamanan pawai Budaya Kabupaten Tanggamus.
Anggota Sat Sabhara Polres Tanggamus melaksanakan pengamanan pawai Budaya Kabupaten Tanggamus.

Sementara dalam Sambutan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Hj.Af’illah,S.Pd.I beliau menyampaikan Rasa syukur dan bahagia melihat masyarakat Tanggamus khusunya yang ada dikotaagung ini membaur bersama menyaksikan pawai budaya. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Tanggamus adalah masyarakat yang mencintai dan melestarikan budayanya sendiri sekaligus cinta damai serta menjunjung tinggi kebersamaan dan tali persaudaraan.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita semua masyarakat Tanggamus untuk terus melestarikan budaya lokal dan selalu memperkuat tali persaudaraan dan kerukunan diantara kita semua”, pungkasnya.

Rute yang dilakui peserta karnaval dari kampus STIMIK Pekon Terbaya, Jalan Ir. Juanda dan Finish di taman Kota Agung

Pawai budaya diikuti sekitar 2000 orang berakhir pada jam 16.30 WIB berjalan lancar dan aman, hingga peserta meninggalkan taman kota. (*)

Penulis : Tim
Editor : Umi Fadilah
Publish : N.Muslih / Polres Tanggamus

Admin Polri54660 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password