Apel Gelar Pasukan Cipta Kondisi Untuk Situasi Kamtibmas Kab.Mimika

Tribratanews.polri.go.id, Polda Papua, Polres Mimika – Bertempat di Lapangan Timika Indah Jl. Budi Utomo Kabupaten Mimika telah dilaksanakan kegiatan apel gelar pasukan cipta kondisi untuk Kamtibmas di wilayah Kabupaten Mimika, kegiatan dipimpin oleh Mayjen TNI George Elnadus Supit (Pangdam XVII/Cendrawasih) dan Irjen Pol Boy Rafli Amar (Kapolda Papua) dan sebagai Dan Apel AKBP Victor Dean Mackbon (Kapolres Mimika) dan diikuti pasukan apel terdiri dari Gabungan Perwira TNI/Polri, Brigif 20/IJK, Yonif 754/ENK, Denkav 3/SC, Kodim 1710/Mimika, Lanal Timika, Lanud Timika, Paskhas TNI AU BKO Satrad 243 Timika Brimob Satgas Amole, Yon B Brimobda Papua dan Polres Mimika serta kendaraan taktis. Hadir dalam kegiatan Mayjen TNI George Elnadus Supit (Pangdam XVII/Cendrawasih), Irjen Pol Boy Rafli Amar (Kapolda Papua), Bigjen TNI Asep Setia Gunawan (Danrem 174/ATW), Kombes Pol M. Nazli (Dirpam Obvit Polda Papua), Kombes Pol B. Alfakiri (Kasat Brimobda Papua), Kolonel Inf Frist Pelamojia (Danbrigif 20/IJK), Letkol Inf Windarto (Kodim 1710/Mimika), Lekol Laut (P) Yosafat Indarto (Danlanal Timika), Letkol Pnb Agustinus Gogot Winardi (Danlanud Timika), AKBP Victor Dean Mackbon ( Kapolres Mimika), Letkol Lek Rani Partono (Dansatrad 243 Timika), Letkol Inf Yohanes Parimusa (Danyon 754/ENK) dan Mayor Kav Delvy Marico (Dandenkav 3/SC). Senin, (21/08/17) Pagi.

 

Rangkaian kegiatan pengarahan dari Mayjen TNI George Elnadus Supit (Pandam XVII/Cendrawasih) yang intinya  bahwa  Kegiatan apel ini adalah dalam rangka pengamanan kesiapan siagaan antisipasi kegiatan di wilayah kita yang kemaren telah terjadi kerusuhan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan masyarakat tidak tentram.  Hari ini kami dengan Kapolda akan mengambil apel keberadaan TNI/Polri untuk diketahui oleh masyarakat bahwa setiap yang melanggar peraturan harus ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku dan ada tindakan yang perlu diambil agar tidak meluas yang menyebabkan kerugian personel maupun benda, sekali lagi kita jaga hubungan sehingga bisa mengatasi masalah bersama TNI/Polri memberikan ketentraman rasa aman damai kususnya di kota Timika.  Kita harus siap mengamankan aset yang dimiliki daerah maupun yang dimilik aset nasional seperti disini PT. Freeport Indonesia.  Kita perlu mengatasi gangguan oleh sekelompok orang yang merugikan yang ada disini, kita bersama harus bisa mengamankan kepentingan nasional di daerah ini apalagi obyek vital Nasional.  Saya menghimbau jaga solidaritas kekompakan antar satuan TNI/Polri kehadiran kita disini memberikan keamanan, ketenangan dan tentram, kita bekerja untuk kepentingan Negara dan masyarakat.  Mari kita jaga kekompokan kita antara TNI/Polri dan selamat bertugas.

WhatsApp Image 2017-08-21 at 20.17.14

Pengarahan dari Irjen Pol Boy Rafli Amar (Kapolda Papua) yang intinya bahwa  Kami dengan Pangdam perlu melaksanakan apel ini bersama, TNI/Polri adalah penegak konstusi Negara, karena tugas kita adalah melindungi segenap rakyat Indonesia dari berbagai ancaman dari luar maupun dari dalam karena bentuk ancaman bermacam2 bisa dilakukan secara organisir,berkelompok, kelompok2 kecil yang menginginkan kerusuhan.  Negara Indonesia adalah negara berdasarkan hukum yang melindungi kehidupan, Negara diatur oleh hukum kebebasan masyarakat diberikan tetapi dalam memanfaaatkan hak harus sesuai dengan hukum yang berlaku karena yang melakukan aksi kekerasan kerusuhan harus dikedepankan hukum.  TNI/Polri cinta pada hukum dan kedamaian dan musuh masyarakat harus ditiadakan karena kita lebih ingin melihat masyarakat yang cinta kedamaian.  Apabila ada masyarakat yang menciptakan kerusuhan maka hukum bisa ditegakkan, aparat Kepolisian harus melaksanakan hukum yang positif, kita harus tegakkan hukum kpd mereka yg sudah melakukan tindakan kriminal dgn melakukan pemeriksaan secara profesional dan proposional untuk melindungi masyarakat yang lebih besar dan untuk antisipasi kejadian kerusuhan kembali terjadi yg akan menimbulkan kerugian nasional.  Kita sebagai alat bangsa harus melakukan pencegahan deteksi kita terhadap kerawanan yang muncul oleh sekelompok orang yg akan melakukan aksi kerusuhan kembali.  Penyelesaian melalui jalur hukum adalah penyelesaian bermartabat dan bagi yang melakukan kerusuhan kemaren harus di tindak sesuai hukum.  Negara ini melindungi investasi demi kemajuan bangsa Indonesia keberadaan Freeport memberikan kesejahteraan untuk masyarakat dan mari kita jadikan masyarakat yang cinta hukum dan tertib hukum serta kita dukung pembangunan pemerintah daerah dan pusat agar berjalan baik.

 

Terimaksih kepada TNI/Polri yang memberikan keamanan, Dalam HUT RI kemaren bertemakan Indonesia kerja bersama maka kita tingkatkan semangat solidaritas untuk mencapai kemajuan kita sama2 jaga melihara keamanan masyarakat di Kabupaten Mimika.  kita perlu untuk saling mengingatkan masyarakat untuk harmonis, gotong royong demi bangsa yang ada di Ideologi Negara, Megara ini bisa utuh karena kita tegakakn Perpu No 2 adalah penguatan pancasila apabila masyarakat yang mengancam eksentasi Negara maka bisa dilakukan langkah2 Hukum, yang mengganggu Negara bisa ditindak hukum, kita akan melakukan kegiatan keliling bersama patroli keamanan kota Timika.

 

Kegiatan selanjutnya  patroli keliling Kota Timika oleh seluruh pasukan yang apel gelar pasukan dengan rute Jl. Budi Utomo-Jl. Cendrawasih-Jl. Yos Sudarso-Jl. Trikora-Jl. Ahmad Yani-Jl. Leo Mamiri-Jl. Yos Sudarso-Jl. Hasanudin-Jl. Budi Utomo-Jl. Cendrawasih-Kuala Kencana-LIP Kuala Kencana-Pos 32 Jalan Freeport Lama-Jl. Agimuga 32 Militer, menggunakan mobil Tank dan truk milik TNI – Polri.

 

Penulis : Riyanto

Editor    : Umi Fadilah

Publish : Simson C F. Ayer

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password