18 Anggota Polres Banyumas Purna Tugas Dilepas dengan Arak -Arakan Dokar

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Memasuki masa purna tugas sebanyak 18 anggota Polres Banyumas, Polda Jawa Tengah dilepas dengan upacara tradisi pedang pora. Yang menarik, diakhir pelepasan belasan abdi negara beserta istri ini diarak menggunakan dokar keliling kota Purwokerto hingga kembali ke Mapolres.

Upacara tradisi pedang pora pelepasan belasan personel purna tugas Polri ini berlangsung di Markas Polres Banyumas Jalan R. Soemarto Purwokerto, Sabtu (19/8/2017). Mereka menjalani upacara pelepasan, pemberian penghargaan dan mengikuti tradisi pedagang pora yang diikuti oleh Kabag, Kasat, seluruh anggota dan ASN serta Kapolsek Jajaran Polres Banyumas.

Tidak hanya itu, mereka juga dinaikkan andong dokar yang kemudian diarak melalui Jalan Raya di kota Purwokerto sekitar mapolres hingga kembali ke Mapolres Banyumas, selanjutnya menerima ucapan selamat dengan jabat tangan dari seluruh anggota Polres Banyumas yang masih aktif untuk memberikan penghormatan kepada mereka.

“Kami merasa bangga sekaligus berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Kami hanya dapat menitipkan pesan semoga Polres Banyumas semakin sukses dan seluruh anggota bisa menjalankan tugas dengan penuh loyalitas dan dedikasi tinggi.”, ujar Iptu Suhartono yang kini memasuki masa pensiun ini.

WhatsApp Image 2017-08-19 at 08.45.29Di tempat terpisah, Kapolres Banyumas AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum mengatakan, upacara pelepasan purna tugas bagi anggota Polres Banyumas yang memasuki masa pensiun ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas loyalitas dedikasi selama puluhan tahun sebagai abdi negara menjaga kamtibmas.

“Adapun tradisi pedang pora dan mengarak dengan menaiki andong dokar mengandung filosofi kesederhanaan dalam mengantarkan para abdi negara ini kembali ke masyarakat.”, ujar AKBP Azis Andriansyah, S.H., S.I.K., M.Hum usai acara.

Sekedar diketahui, dari 14 anggota Polri dan 4 anggota ASN Polres Banyumas yang memasuki masa pensiun ini telah mengabdikan diri selama 37 hingga 38 tahun lamanya. Ada satu berpangkat terkhir Iptu, tiga orang yang berpangkat terakhir Ipda, dua orang berpangkat terakhir Aiptu, empat orang berpangat Bripka, empat orang dengan pangkat Brigadir dan empat orang ASN dengan pengkat terakir penata.

“Rangkaian upacara tradisi pedang pora purna tugas berakhir dengan kesan mengharukan lancar dan kondusif. Selamat dan tetap dalam ikatan keluarga besar Polri.”, pungkas Kapolres.

Penulis : Sukiyah

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password