Kapolda : Sementara Tercatat Sudah Sebelas Kali Beraksi 

Tribratanews.polri.go.id – Polda Lampung, Komplotan Toro CS pelaku curat spesialis modus pecah kaca yang dibekuk Tekab 308 Polresta Bandar Lampung sudah sebelas kali beraksi dengan modus yang sama.

“Modusnya sama semua. Berkeliling cari mangsa memakai mobil rental. Lalu beraksi memecahkan kaca mobil dengan cepat. Bahkan kadang tidak sampai semenit. Kemudian mengincar mobil yang sedang parkir dilahan parkir tidak resmi atau minim petugas parkirnya. Bahkan mobil yang sedang parkir dihalaman masjid karena ditinggal sholat pemiliknya-pun jadi sasaran. Jadi mereka sudah mapping lokasi parkir mana dulu yang keamanannya longgar. Begitu korban parkir dan tinggalkan mobil, langsung beraksi, ” kata Kapolda Irjend Sudjarno dalam ekspos kasus tersebut diruang Instalasi Jenazah RS Bhayangkara Polda Lampung, Minggu (20 /8/2017)

Saat diringkus Sabtu 19 Agustus 2017 sekitar pukul 13.30 WIB di Kota Sepang Bandar Lampung, dari mobil Xenia biru bernopol BE 2660 AO yang dipakai duo maling ini ditemukan serpihan atau pecahan busi, satu palu kecil, dua tas korban yang isinya sudah ludes dijual, dua dompet korban dan baju batik tersangka Toro yang terekam CCTV saat beraksi.

Toro CS sudah delapan kali beraksi dwilayah Kota Bandar Lampung khususnya wilayah Sukarame dan Kedaton dari Maret – 18 Agustus 2017 lalu. Yakni di Jalan Pulau Tegal, Jalan Mangga Sukarame, Jalan Pulau Morotai, Jalan Endro Suratmin, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Pulau Buru, Jalan Urip Sumoharjo, dan halaman masjid Jalan Endro Suratmin. Dari mobil para korban, tersangka Toro mengambil tas berisi berkas sekolah, berbagai kamera salah satunya merk Canon, tas berisi Rp3 juta, notebook merk HP,  ponsel, laptop, uang tunai Rp80 juta, perhiasan emas dan BPKB mobil.

Kemudian tiga lokasi selanjutnya ada di Natar. Yakni diparkiran Masjid Jalinsum dan Masjid Desa Branti. Lalu di Jalan Raya Candi Mas Natar berupa dokumen berharga dan tiga unit laptop. Kemungkinan besar lokasi tersebut bertambah karena Toro CS kerap berganti anggota saat beraksi.

Cara kerja tergolong sangat terencana (karena komplotan spesialis curat modus pecah kaca Toro CS sudah memetakan lokasi parkir tempat mobil yang akan diincar) dan tidak memandang lokasi (halaman mesjid-pun jadi sasaran), Kapolda Irjend Sudjarno memberikan himbauan kepada masyarakat pemilik mobil di Kota Bandar Lampung khususnya.

“Kepada masyarakat, ada satu tips menghadapi kejahatan modus pecah kaca. Yakni dengan tidak terlalu rapat menutup kaca jendela mobil. Sisakan ruang renggang sekitar satu sentimeter. Kaca jendela yang tidak terlalu rapat mengurangi efek pecah kaca tersebut. Jadi menyulitkan tersangka saat beraksi, ” kalau yang ini Kasatreskrim Kompol Harto Agung yang memberikan tips. (*)

Penulis : Tim
Editor : Umi Fadilah
Publish : Haryanto

Admin Polri56114 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password