Akhirnya Polisi Berhasil Membekuk Pelaku Pembakaran Rumah PJ Bupati dan Komisioner KPUD Tebo

Tribratanewspolri.go.id, Polda Jambi Res Tebo – Setelah berapa bulan lamanya polisi melakukan penyelidikan terkait kasus yang menimpa PJ Bupati Tebo Ir. Agus Sunaryo dan Komisioner KPUD Tebo Riance Juskal akhirnya menemukan titik terang. Dimana Polisi berhasil menangkap 3 orang terduga pelaku pembakaran rumah milik PJ Bupati Tebo dan Komisioner KPUD Tebo itu, Minggu (20/8).

Ketiga pelaku tersebut ditangkap di rumahnya masing-masing. Dimana ketiganya ini merupakan warga Kecamatan Tebo Tengah yakni SR (38), JG (40) dan ES (46). Kapolres Tebo AKBP Budi Rachmat, S.I.K, M.Si melalui Kasat Reskrim Polres Tebo Akp Maruli Hutagalung, SH membenarkan adanya penangkapan ketiga pelaku tersebut, pihaknya juga menjelaskan saat akan dilakukan penangkapan ketiga pelaku tersebut sempat kabur.

“Ya memang benar kami telah melakukan penangkapan terhadap 3 pelaku dimana ketiga pelaku tersebut kita tangkap dirumahnya masing-masing. Sebelumnya pelaku sempat ingin kabur namun berkat kesigapan anggota pelaku dapat kita amankan,”ujar Kasat Reskrim Polres Tebo yang ikut memimpin langsung penangkapan tersebut.

Setelah dilakukan penangkapan, ketiga pelaku tersebut langsung di bawa ke mako Polres Tebo untuk dilakukan pemeriksaan. Diketahui bahwa ketiga pelaku tersebut memiliki perannya masing-masing dalam kasus pembakaran Rumah PJ Bupati Tebo dan Komisioner KPUD Tebo. Hal ini diperkuat dengan adanya Reka ulang Kejadian di TKP yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian.

Reka ulang kejadian di TKP oleh Sat Reskrim Polres Tebo untuk mengetahui peran pelaku
Reka ulang kejadian di TKP oleh Sat Reskrim Polres Tebo untuk mengetahui peran pelaku

Dari hasil reka ulang tersebut diketahui bahwa pada pembakaran pertama terhadap rumah Pj Bupati Tebo Ir Agus Sunaryo, tersangk SR bertugas sebagai eksekutor utama yang melakukan pembakaran atas perintah seseorang yang berinisial SY dibantu oleh tersangka JG dan tersangka yang menunggu di atas motor. Sedangkan pada pemkbakaran rumah komisoner KPU Tebo Riance Juskal yang kedua pada 29 maret, tersangka SR bertugas sebagai eksekutor dan hanya dibantu Oleh Tersangka ES yang menunggu di atas motor.

Reka ulang yang dilakukan oleh para pelaku
Reka ulang yang dilakukan oleh para pelaku

Hal tersebut dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Tebo Akp Maruli Hutagalung, SH. Dimana pihaknya menerangkan dengan adanya reka ulang ini kita dapat mengetahui sejauh mana keterlibatan masing-masing pelaku serta perannya.

“Dengan adanya reka ulang ini kita dapat mengetahui peran masing-masing pelaku dan sejauh mana keterlibatan yang nantinya kita sesuaikan dengan pasal dan undang-undang yang akan kita terapkan kepada ketiga pelaku,”terang Kasat Reskrim.

Bukan hanya mengamankan pelaku, Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti yang mendukung mereka dalam melakukan aksinya yakni 1 (satu) unit sepeda motor, 2 (dua) buah galon minyak 5 Liter, Buku Tabungan serta barang bukti awal terjadinya kasus ini yang sudah diamankan sebelumnya oleh pihak Kepolisian.

Untuk diketahui, bahwa untuk proses pengembangan penyidikan selanjutnya, pihak Polres Tebo akan melimpahkan kasus ini ke Polda Jambi.

Penulis     : Dian SM / Res Tebo Jambi

Editor       : Umi Fadilah

Publish     : Dian SM / Res Tebo Jambi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password