Bripka Pasehono, Bhabinkamtibmas Penyebar Maklumat

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel. Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya dan resiko akibat dari pembakaran lahan bukan suatu hal yang sulit bagi anggota Bhabinkamtibmas yang satu ini.

Anggota Polri yang saat ini bertugas di Polsubsektor Mesuji Raya Polres OKI sudah terbiasa melakukan berbagai macam kegiatan, baik itu penyuluhan maupun pencegahan.

Salah satu kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Bripka Pasehono adalah dengan menyebarkan maklumat bersama, antara Guberbur Sumsel, Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya.

Dimana dalam maklumat tersebut berisikan himbauan kapada masyarakat agar dalam melakukan aktifitas penggarapan lahan pertanian tidak melakukannya dengan cara dibakar.

Pada maklumat bersama tersebut juga dijelaskan, sangsi atau hukuman apa yang akan ditanggung oleh pelaku pembakaran lahan, baik itu perorangan maupun kelompok.

Seperti kegiatan sebar maklumat yang sedang dilakukannya ini, Jum’at (18/08) Bripka Pasehono mendatangi sekumpulan warga yang sedang beristirahat di salah satu lokasi berkebunan.

Mengawali kata dengan salam, anggota Bhabinkamtibmas ini membuka pembicaraan tentang cuaca yang mulai memasuki musim kemarau.

Menceritakan pengalaman pahit pada tahun 2015 yang silam, Bripka Paseh (sapaan akrabnya) berusaha mengingatkan betapa mencekamnya situasi pada saat itu.

Akibat dari aktifitas perkebunan dengan cara membakar, sehingga mengakibatkan asap dimana mana.

“Tugas sebagai anggota Bhabinkamtibmas adalah memberikan sentuhan langsung kepada seluruh lapisan masyarakat yang menjadi binaan kami, sehingga berharap mereka paham dan dapat mengerti akan bahaya dan resiko dari kebiasaan membuka lahan perkebunan dangan cara dibakar. Memang cara paling paktis dan murah adalah dengan membakar, tapi mereka juga harus diberikan pemahaman, bahwa perbuatan mereka itu akan berdampak kepada rusaknya lingkungan dan juga mempengaruhi kesehatan keluarga mereka sendiri”. Ujar Bripka Paseh.

Penulis : Ilham (WAP 45)/ Polres OKI
Editor   : Umi Fadilah
Publish : Ilham (WAP 45)

Admin Polri55931 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password