Ramah-tamah Forkompinda DIY dengan Pasukan Pengibar Bendera Propinsi DIY

tribratanews.polri.go.id -Jogja, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengundang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) se DIY dalam acara ramah tamah selepas melaksanakan tugas Kenegaraan HUT ke 72. Acara ramah tamah ini berlangsung di Pendopo Kepatihan Danurejan Yogyakarta, jumat (18/08/2017).

Hadir dalam acara ramah tamah ini Kapolda DIY, Brigjen Pol. Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., Kabinda DIY Brigjen Pol. Drs. Anang Iskandar, Kasrem 072 Pamungkas Kolonel Inf. Ida Bagus Ketut Surya, Danlanal Yogyakarta Letkol Laut (P) Arya Delano serta para Paskibraka yang kemarin bertugas di lingkungan Istana Gedung Agung Yogya dan Kabupaten Kota se DIY yang berjumlah 221 orang.

Dalam sambutannya kepada Para Paskibraka, Gubernur DIY mengatakan dan mengucapkan terimakasih karena Upacara Peringatan detik detik Proklamasi (kemarin-red) dan penurunan Bendera telah berjalan dengan lancar khidmad dan berjalan dengan baik. Semua ini berkat dengan adik adik Paskibraka.

Disamping itu, Gubernur juga menyinggung tentang Tema Indonesia Kerja bersama. Menurutnya, tema ini menuntut alumni paskibraka untuk membangun teamwork, guna tercapai optimalisasi hasil bersama.

“Dengan teamwork yang kompak, dikemudian hari bisa dijadikan dasar keunggulan bersaing di kompetisi kancah masa depan. Saya berharap, agar para alumni paskib membentuk wadah untuk sharing ide, guna membentuk ide-ide yang inovatif dan fresh, sehingga kita (pemerintah) tahu inovasi anak muda,” terang Gubernur DIY.

Gubernur berharap Generasi muda saat ini harus mampu membangkitkan kembali bangsa negara ini dari segala keterpurukan. Dirinya menghimbau, jika suatu saat nanti para anggota Paskibraka ini auatu saat menjadi pemimpin,harus bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Meski harus mengorbankan kepentingan pribadi dan golongan sendiri.

“Dengan harapan seperti itulah, saya mengucapkan terimakasih kepada semua anggota Paskibraka yang telah menuntaskan tugasnya dalam proklamasi hut ke 72 (kemarin), setelah pelepasan (tugas) ini, saya harap citra Paskibraka tetap harus dijaga,” tegas Gubernur DIY yang juga Raja Keraton Yogyakarta ini mengakhiri sambutan.

Paskibraka Propinsi DIY dan Kabupaten Kota se DIY ini sebelum pelaksanaan tugas Detik detik Proklamasi kemarin, disamping dilatih dengan Baris Berbaris, mereka juga dilatih dengan formasi pengibaran bendera. Selain itu diberikan pula materi peningkatan Nasionalisme, kebangsaan, kebudayaan tentang Keistimewaan Yogyakarta, makna lambang Negara, moral etika, dan psikologi.

Para anggota Paskibraka ini diseleksi secara ketat melalui serangkaian tes, mulai dari tahap Sekolah SMA/SMK, tahap Kabupaten/kota, sampai dengan tahap Propinsi. 2 orang terbaik yang terdiri dari 1 orang Putra dan 1 orang Putri, dari seleksi tingkat Propinsi, berkesempatan menjadi Paskibraka tingkat Nasional yang bertugas di Istana Negara Kepresidenan Jakarta.

penulis : Dhenyy
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password