Kapolsek Bonti Hadiri Rapat Koordinasi Penyelesaian Permasalahan Klaim Lahan di Divisi Mundun

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Rabu 16 agustus 2017, sekira pukul 10.10 Wib. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Divisi PT. Mas 2 Estate, Dusun Mundun, Desa Kampuh, Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau. Telah dilaksanakan Rapat Koordinasi penyelesaian permasalahan klaim lahan kebun inti di Divisi Mundun.

Adapun yg hadir dalam giat antara lain Camat Bonti, Kapolsek Bonti Ipda Rahmad, SH, Manager PT. Mas 2 Estate Deni Kurniawan, Ketua Kopbun Sungai Muhi Bungkui, Kades Kampuh Linda, Tomas Dusun Mundun, Kades Dusun Labak, dan para peserta rapat berjumlah kurang lebih 30 orang.

Dalam kegeiatan tersebut Manager PT. Mas 2 Estate Deni Kurniawan menyampaikan “Pertemuan hari ini, bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan klaim lahan dan difokuskan untuk penyelesaian khususnya di Dusun Mundun,” Ujarnya.

Camat Bonti menyampaikan mari kita bersama-sama mencari solusi dari permaslahan yang ada saat ini, yang mana baik petani maupun perusahaan sama-sama diuntungkan dalam keputusannya,” Ungkap Camat Bonti itu.

Kapolsek Bonti Ipda Rahmad, SH menyampaikan apapun alasannya klaim lahan tidak dapat dibenarkan secara hukum, meminta kepada saklak yang telah dibentuk untuk tulus ikhlas membuka klaim lahan yang telah diklaim, dikarenakan satlak ini merupakan panutan di masyarakatnya.

Kapolsek berharap pihak Satlak dapat memberikan himbauan kepada warga untuk tidak mengklaim lahan inti, agar warga jangan menyelesaikan suatu masalah dengan pokok masalah yang baru. Sehingga dapat merugikan warga sendiri.

Adapun hasil musyawarah dan mufakat tersebut, disepakati dalam rapat antara lain Klaim kebun inti oleh Tomas dan mantan Saklak Dusun Mundun setuju dihentikan dan dicabut, serta dibuka oleh tim gabungan yang akan dibentuk. Klaim kebun inti oleh Tomas dan mantan Saklak Dusun Sungai Mopu Permai, setuju dihentikan dan dicabut, serta dibuka oleh tim gabungan yang akan dibentuk.

Klaim kebun inti oleh tomas dan mantan Saklak RT. Maru setuju dihentikan/dicabut dan dibuka oleh tim gabungan yg akan dibentuk, Kadus labak berkomitmen membantu penyelesaian klaim kebun inti oleh petani dsn labak dan dibuka oleh tim gabungan yg akan dibentuk. Kadus modah berkomitmen membantu penyelesaian klaim kebun inti oleh petani dsn labak dan dibuka oleh tim gabungan yg akan dibentuk.

Disepakati bersama bahwa bagi semua masyarakat dan petani dilarang melakukan panen pada lokasi klaim di kebun inti.

Penulis : Denny Ardyanto dan Reno Wisnu Pradana
Editor : Umi Fadilah dan Sugeng HS
Publish : Cucu Syafiudin

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password