Gubernur Sulut Pimpin Upacara Detik-detik Proklamasi di Lapangan KONI Manado

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang biasanya dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur, kini digelar di lapangan KONI Sario, Kota Manado, Kamis (17/08/2017).

Tepat pukul 10.00 WITA, dentuman meriam mewarnai peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017. Pada kesempatan tersebut, yang menjadi Inspektur Upacara adalah Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.

Upacara dihadiri seluruh Forkopimda Sulut, diantaranya Wagub, Steven Kandouw, Kapolda Sulut, Irjen Pol Bambang Waskito, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito, Ketua DPRD Sulut, Kajati, Ka BNNP Sulut, Kabakamla, Danlantamal VIII Manado, Danlanudsri, dan segenap Kepala SKPD tingkat Provinsi Sulut.

Upacara ditandai dengan pengibaran bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra Sulut), Pembacaan teks Proklamasi dan hening cipta. Selain pejabat daerah, turut hadir sebagai peserta upacara, antara lain personel TNI-Polri, PNS dan ribuan pelajar se-Sulut serta para Veteran.

Usai pelaksanaan upacara, hadirin disuguhkan dengan lantunan lagu-lagu perjuangan yang dibawakan oleh pelajar SMA se-Sulut, dilanjutkan dengan drama kolosal perjuangan pejuang asal Sulut, Robert Wolter Monginsidi dalam menumpas penjajahan.

“Terus terang saya sempat menangis dan terharu saat melihat kisah Robert Wolter Monginsidi ini. Beliau orang yang setia memperjuangkan bangsa dan tanah airnya sampai akhir hidupnya. Bahkan dia rela mati demi membela tanah air,” kata Yori, warga Sario yang menyaksikan langsung drama kolosal tersebut.

Penulis: Pri
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password