Maknai HUT RI Ke-72, Kapolda Bali Ajak Masyarakat Tingkatkan Solidaritas Bersama dalam Ikatan NKRI

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny. Barbara Golose menghadiri Upacara Detik-Detik Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 yang dipusatkan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Kamis (17/8). Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

WhatsApp Image 2017-08-17 at 14.21.25Turut Hadir dalam upacara tersebut yaitu Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Pandgam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P., M.Sc., Jajaran Forkopimda Provinsi Bali, Pejabat Utama Polda Bali. Sebagai peserta upacara yaitu dari unsur TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, anggota Pramuka, para siswa serta undangan lainnya.

Upacara diiisi dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama serta pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan sosiodrama serta defile kebangsaan dari Kodam IX/Udayana.

Dalam wawancaranya dengan awak media usai menjadi inspektur upacara, Gubernur Bali mengatakan bahwa momentum peringatan HUT Proklamasi ke-72 hendaknya dimaknai sebagai momen untuk meningkatkan kerjasama dalam membangun bangsa sehingga bangsa yang adil dan sejahtera dapat terwujud.

“Kita telah bisa menurunkan bendera penjajah dan meraih kemerdekaan, bukan berarti pekerjaan sudah selesai. Pekerjaan kita masih panjang. Selama masih ada tangis di gubuk orang-orang miskin, selama itu pekerjaan kita belum selesai. Kita tingkatkan kerjasama, kita bangun bangsa dan wujudkan kesejahteraan bersama,” imbuhnya.

Sementara Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose menyampaikan, selain sebagai bagian dari elemen bangsa, Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat. Ditengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat, Polri bisa memberikan kontribusi positif dalam mendukung laju pembangunan nasional. “Hal ini sejalan dengan tema peringatan ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2017 yakni Indonesia Kerja Bersama,” terangnya.

Tidak hanya itu, Kapolda Bali juga mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan kemerdekaan dengan memotivasi diri, untuk bekerja lebih baik serta meningkatkan solidaritas bersama dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penulis  : Bina Wartawan

Editor    : Umi Fadilah

Publish  : Putu Endy Diatmika

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password