Upacara Peringatan Kemerdekaan Ri Ke 72 di Polda Sulbar

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Dalam rangka memperingati moment Hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 72. yang jatuh pada hari ini, Kamis 17 Agustus 2017. Sekitar Pukul 07.30 Wita, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat tidak mau ketinggalan, juga menggelar upacara pengibaran bendera untuk memeriahkan hari yang berbahagia ini yakni Dirgahayu RI.

Pelaksanaan upacara tersebut digelar di halaman kantor Mapolda Sulbar, Jl. Ahmad Kirang Mamuju dan dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Nandang, MH dan diikuti oleh para pejabat Utama dan Seluruh Personil Polda Sulbar beserta Jajaran Polres Mamuju.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Upacara peringatan tersebut ditandai dengan Pembacaan teks Proklamasi oleh Kapolda Brigjen Pol Drs. Nandang, MH, Pengibaran Bendera dan pembacaan teks Undang-undang tahun 1945 oleh personil Ipda Ganesa.

Pada amanat Kapolri Drs. H. Muhammad Tito Karnavia, M.A.,Ph.D yang dibacakan oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Nandang, MH dikatakan bahwa Kemerdekaan Indonesia bukanlah pemberian dari penjajah tetapi melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang melelahkan dari para pejuang kemerdekaan dengan tetesan darah, keringat dan air mata. Hanya berbekal bamboo runcing dan semangat membara tak kenal padam.

Sejalan dengan tema Peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 72 yakni “INDONESIA KERJA BERSAMA” hal tersebut tentu merupakan Prestasi dan semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Selain itu, POLRI yang merupakan aktor bagian dari elemen Negara diharapkan lebih mampu mendorong dan menumbuh kembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat ditengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat, POLRI bisa memberikan kontribusi positif dalam mendukung laju pembangunan Nasional.

Olehnya itu, melalui kesempatan yang berbahagian ini, saya menghimbau kepada seluruh jajaran untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab agar stabilitas kamtibmas tetap terjaga dan tidak sampai mengganggu proses pembangunan yang tengah berlangsung.

Tidak hanya itu, saya tekankan terkait pentingnya setiap anggota POLRI untuk menyadari bahwa POLRI juga berperan sebagai pengawal demokrasi dan perangkat unsur kebhinekaan bangsa. Oleh sebab itu renunan Nilai Proklamasi 17 Agustus 1945 sangatlah berharga sebagai landasan intropeksi dan motivasi jati diri POLRI dalam pelaksanaan tugas.

Diakhir kegiatan, Kapolda juga mengatakan bahwa amanat Kapolri ini kita jadikan pedoman tugas dalam memberikan pelayanana kepada masyarakat “karena POLRI harus lebih Profesional”. Tandasnya

Penulis : Dhyman

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password