Polda Kalbar Gagalkan Keberangkatan 16 TKI Ilegal

IMG_1475

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar berhasil mengamankan seorang pelaku pengrekrutan perdagangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara Ilegal.

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar menggelar Press Release Perdagangan TKI Ilegal di Mapolda Kalbar yang dipimpin langsung Dir Reskrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Safrudin, Rabu (16/8) Siang.

Pelaku MW bersama 16 korban pengrekrutan TKI illegal ditangkap di jalan Trans Kalimantan, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, hari Selasa (8/8) lalu. 16 orang ini terdiri dari 14 Laki-laki dan dua perempuan untuk diberangkatkan ke Malaysia dengan maksud akan diperkerjakan di perkebunan Kelapa Sawit.

Penangkapan ini, berawal dari pembuntutan anggota Dit Reskrimum Polda Kalbar kepada tersangka dan korban bawaannya dengan menggunakan dua unit mobil.

Sebagian korbannya melewati Border Trade Agrement (BTA) yang hanya mempunyai Paspor dan lainnya melewati jalur tikus yang tidak memiliki Paspor.

Korban dikenai biaya Transportasi dan pembuatan Paspor dengan harga Rp. 3,7 Juta hingga Rp. 5,5 Juta. Namun tidak semua korban membuat Paspor, lantaran belum mampu untuk membayar biaya tersebut.

“Namun MW memberikan keringanan kepada korban, yang belum mampu membayar akan di potong setelah mereka kerja nantinya,” ujar Dir Reskrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Asep Safrudin.

Dir Reskrimum Polda Kalbar menjelaskan MW juga tidak memiliki ijin Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) sehingga MW terjerat UU no 39 tahun 2004 tentang penempatan dan perlindungan TKI serta dipidana dengan penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun.

Penulis : Fadel Saleh

Editor : Umi Fadillah

Publish : ChiaDaresma

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password