Paskibraka Lampung Barat Siap Menjadi Taruna Taruni AKPOL

Tribratanews.polri.go.id. Polda Lampung / Polres Lampung Barat. Kepala Kepolisian Resor Lampung Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Tri Suhartanto,S.Ik. bersama pejabat Forkompimda Kabupaten Lampung Barat menghadiri acara pengukuhan Pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) tahun 2017 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Lampung Barat, rabu (16/8) yang dipimpin langsung Bupati Lampung Barat Drs.Muklis Basri,M.M.

Sebanyak 50 anggota Paskibraka yang terdiri dari 25 Putra dan 25 Putri ini merupakan perwakilan dari siswa siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang ada kabupaten Lampung Barat yang telah melalui seleksi serta latihan yang sudah dilalui beberapa bulan dan nantinya akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pada upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tingkat Kabupaten.

IMG_7786Selain jajaran Forkompimda, tampak hadir dalam kegiatan pengukuhan tersebut antara lain para Kepala SKPD Kabupaten Lampung Barat, Para Kepala Sekolah SMU se Kabupaten dan Orang tua/Wali Paskibraka.

Rangkaian kegiatan diawali dengan laporan pemimpin upacara dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan laporan pembacaan naskah pengukuhan serta Ikrar Paskibraka.

Sebelum dikukuhkan,para calon anggota Paskibra ini sebelumnya menjalani masa karantina. Dalam masa karantina, secara rutin mereka diberikan materi pelatihan dari para intruktur baik dari TNI, Polri maupun intruktur lainya. Adapun materi pelatihan yang diberikan antara lain meliputi peraturan baris berbaris, kebijakan umum kepemudaan, wawasan kebangsaan, kepemimpinan, sejarah Paskibra, bela negara, tata upacara militer dan pengetahuan umum lainya.

Dalam Amanat Bupati Lampung Barat Drs.Muklis Basri,M.M. Menyampaikan, dalam ucapan sumpah siap melaksanakan tugas, dan patut bersukur bahwa anda mempunyai kesempatan untuk mengapdi negara dan dipilih untuk melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan, sehingga tugas yang berat nantinya dapat dijalankan dengan sukses.

IMG_7796Bupati juga mengucapkan trimakasih kepada seluruh guru dan kepala sekolah yang mengirim dan menyeleksi dari beberapa ribu siswa-siswi sekolah hanya anda yang terpilih sebagai pengibar. Begitu juga para pelatih yang telah mendidik dan menjadikan terbaik. siapapun yang terpili maupun tidak terpilih jangan kecewa dan kecil hati. Anda yang mempunyai kemampuan dilingkungan sekola-sekolah masing masing,”jelasnya.

dasar negara kita pancasila dan kita siap mempertahankan pancasila. Yang sebelumnya sudah di godok oleh para ulama. Hasil keputusan orang-orang yang mempunyai kemampuan semua golong dan kita hanya untuk menjaga panca sila ini jangan di rubah, sudah 72 tahun indonesia merdeka. Kita hidup berdampingan saya minta adik-adik dapat membantu pemerintah memberikan wawasan di ligkungan sekolah atau tempat tinggal bahwa NKRI harga mati,”ucapnya.

IMG_7759Dalam Pidato presiden negara kita daulat narkoba, kalian menjadi orang terdepan dalam memerangi narkoba, untuk Lampung Barat perendaran narkoba sangat kecil dari itu kita jangan lengah, narkoba sasaran bukan hanya orang kota tapi sekarang sudah masuk kedesa-desa hingga kepelosok desa,”imbuhnya.

Sementara Kapolres Lampung Barat AKBP Tri Suhartanto,S.Ik. saat memberikan selamat kepada perserta Paskibraka menyampaikan kepada seluruh peserta, menawarkan untuk menjadi Taruna dan Taruni Akpol…serentak mereka menjawab siap Pak !. kemudian meberikan semangat untuk memberikan motivasi supaya peserta belajar yang rajin dan pintar serta disiplin yang tinggi dan jangan lupa kewajiban untuk beribadah serta Berdoa dan Restu kedua orang tua. Hal tersebut disampaikan Sesuai Himbauan Kapolda Lampung Irjen.Pol. Drs.Sudjarno, SH. Untuk sosialisasi taruna Akpol,”Pungkasnya.

Penulis         : Edi Susanto

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Edi Susanto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password