Tingkatkan Kemampuan Personel, Polrestabes Makassar Gelar Latihan Menembak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Anggota Polrestabes Makassar bersama Polsek Jajaran mengikuti pelatihan peningkatan kemampuan bersenjata di lapangan tembak SPN Batua Polda Sulawesi Selatan, Rabu (16/08/17).

Latihan tersebut selain untuk menambah kemampuan bersenjata bagi Personil Polrestabes juga untuk menguji keterampilan menggunakan senjata api sekaligus meningkatkan kesiapan anggota Polrestabes Makassar dalam mengantisipasi tindak kejahatan di wilayah hukum Polrestabes Makassar.

Wakapolrestabes Makassar, AKBP C.F Hotman Sirait memimpin langsung latihan menembak sekaligus membuka secara langsung pelatihan peningkatan kemampuan bersenjata di lapangan tembak SPN Batua Polda Sulawesi Selatan.

“Latihan menembak ini selain untuk menambah kemampuan dan keterampilan bersenjata bagi Personil Polrestabes juga untuk menambah kemampuan dalam rangka mengantisipasi tindak kriminal yang muncul dalam kalangan masyarakat,” pungkas Wakapolrestabes Makassar AKBP C.F Hotman Sirait.

Sebelum melaksanakan latihan menembak, anggota Polrestabes Makassar dibekali dengan teori dasar menembak oleh pelatih penembak SPN Batua Polda Sulawesi Selatan.

Pelatihan kemampuan menembak ini bukan hanya di latihkan oleh anggota Polki tapi juga bagi anggota Polwan Polrestabes Makassar yang selalu siap sedia dalam mengantisipasi tindak kejahatan.

Dalam latihan ini, anggota Polrestabes Makassar ditekankan mengasah keterampilannya mengoperasikan baik senjata laras panjang atau V2 Sabhara maupun laras pendek revolver. Sebab itu, para Personil Polrestabes Makassar serta perwakilan dari Polsek Jajaran harus betul–betul mengasah kemampuannya dalam bersenjata.

Dibandingkan dengan cabang olahraga lain, olahraga menembak merupakan cabang olahraga yang memerlukan kesinambungan kerja  antara aksi dan reaksi dengan baik. Dengan demikian, setiap penembak harus memiliki ketenangan, ketahanan dan pengontrolan diri. Melalui olahraga menembak seseorang dilatih dan dituntut untuk dapat berkonsentrasi tinggi, mampu mengendalikan diri dan berani mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Karena itu untuk menjadi seorang atlet menembak yang berprestasi, maka yang mesti dilakukan adalah disiplin terhadap diri sendiri, dengan latihan yang maksimal dan terus belajar mengasah keterampilan dengan pelatih, serta selalu berusaha mencapai target yang ditetapkan pelatih dalam setiap latihan.

Manfaat olahraga menembak tentunya untuk kebugaran tubuh, menyehatkan jasmani dan rohani bagi yang menjalankannya. Selain itu, manfaat lain yang bisa dipetik dengan menekuni olahraga menembak banyak sekali. Antara lain:

  1. Dapat melatih konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan karena menembak membutuhkan konsentrasi dalam mencari sasaran tembakan untuk mencapai hasil maksimal. Ketepatan sasaran dalam menembak harus dimengerti benar. Kecepatan dibutuhkan dalam mengatur waktu yang telah ditentukan dalam setiap melakukan penembakan.
  2. Dengan menembak melatih mental dan keberanian untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat.
  3. Dapat mengontrol diri atau melatih kesabaran.
  4. Dapat menjadi sarana untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas keseharian.
  5. Untuk melatih bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah mancanegara dalam cabang olahraga menembak.

Penulis : Bara

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password