15 Negara Ikuti Latihan Keamanan Maritim di Indonesia

Tribratanews.polri.go.id, Polda Jateng – Indonesia mengadakan pelatihan keamanan maritim di JCLEC Semarang yang diikuti oleh 40 peserta dari 15 Negara, Selasa (15/08/2017). Pelatihan ini sedianya akan dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 15 Agustus sampai dengan tanggal 21 Agustus 2017.

Negara indian Ocean Rim Association (IORA) yang mengikuti pelatihan yaitu Australia, Afrika Selatan, Bangladesh, India, Indoesia, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Oman, Somalia, Sri langka dan Tanzania serta 3 Negara dari Malanesian Spearhead Group (MSG), yakni Fiji, Kepulauan Solomon dan Timor Leste serta dari Sekretariat IORA dan MSG. Indonesia diwakili oleh Badan Keamanan Laut, Kepolisian dan Kementrian Kelautan dan Perikanan.

“Sebagai negara maritim, Indonesia harus memiliki kapasitas untuk dapat menjaga wilayah lautnya dari berbagai tantangan pencurian ikan, perompakan , polusi dan sampah laut, perdagangan illegal narkotika, senjata dan manusia. Untuk itu diperlukan kerja sama antar para penegak hukum di laut dengan meningkatkan kapasitas keahlian dan keterampilan dalam menjaga kedaulatan, keamanan di laut,” kata Desra Percaya, Direktur Jendral Asia Pasifik dan Afrika yang mewakili Menteri Luar Negeri.

“Program ini melibatkan para narasumber berkelas dunia, para narasumber yang berpengalaman. mereka akan memberikan ilmu dan pengalamannnya disandingkan dengan pengalaman para peserta lalu didiskusikan dengan para peserta dari berbagai negara sehingga diperoleh pemahaman dan mungkin cara-cara praktis terbaru untuk menghadapi kejahatan lintas negara. diharapkan juga interaksi antar peserta dapat membangun jaringan yang lebih erat antar pribadi atau lembaga” Kata Irjen Pol Chairul Noor Alamsyah Kakorppolairud saat membacakan sambutan Kapolri dalam pembukaan pelatihan keamanan maritim 2017.

Indonesia berkomitmen mendorong kerja sama IORA utamanya di bidang keselamatan dan keamanan maritim. Demikian halnya dengan kawasan pasifik, sebagai immediate neihbour, indonesia juga mendorong penguatan kerja sama untuk mengatasi isu – isu maritim yang menjadi permasalahan.

penulis : Dhinar

Editor : Umi Fadilah

Publish : Wagiman

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password