Semarakkan HUT Kemerdekaan Ke-72 Kapolda Sulsel Ikuti Lomba Masak, Begini Keseruannya

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kemeriahan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun 2017 di Polda Sulsel diwarnai dengan beberapa perlombaan, salah satunya yang dilaksanakan yakni lomba masak, Selasa (15/8/17).

Lomba masak tersebut yang dilaksanakan di Mako Brimob Polda Sulsel yang diikuti Kapolda Sulsel Irjen Pol, Muktiono, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Mas Guntur dan pejabat utama Polda Sulsel.

Pada perlombaan kali ini panitia mengambil menu nasi goreng sebagai menu perlombaan, tampak para peserta sangat serius dalam meracik bahan hingga pada penyajian.

Dengan penampilan ala chef para peserta  terlihat ahli dalam proses pembuatan dan penyajian nasi goreng.

Nantinya proses penilaian itu akan dilakukan oleh Ketua Bhayangkari Daerah Sulsel Ibu Ratu Diana Savitri Muktiono dan juri yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam masakan.

Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono sangat mengapresiasi atas beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017.

“Melalui kegiatan seperti ini kita dapat sejenak mengendurkan dan mencairkan suasana di tengah-tengah keseriusan kita dalam bertugas,” ucap Kapolda.

Sementara itu Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol. Adeni Muhan Daeng Pabali memandang kegiatan hiburan bersama dibutuhkan oleh para pejabat tersebut. Hal itu diyakini Muhan akan mempengaruhi semangat kerja.

“Sehingga tercipta hubungan yang lebih akrab di antara pimpinan. Ini bisa berdampak pada sinergi dan kinerja tim yang baik. Ini akan mudah terjalin,” ucap Muhan.

Naluri “gotong royong” dipertontonkan meski mereka saling berkompetisi. Saat di awal perlombaan Kabid Propam Polda Sulsel kesulitan menyalakan kompor gas, pejabat lain turun tangan membantu membetulkan dan memasang kembali tabung gas.

Sejarawan dan  budayawan  J. J. Rizal, mengatakan bahwa tradisi lomba yang  kerap menghiasi perayaan HUT Kemerdekaan RI itu muncul pada tahun 1950-an.  Ia mengatakan masyarakat sendiri yang memunculkan lomba-lomba itu sejak perayaan HUT  Kemerdekaan RI yang ke-5. Sebelumnya tidak ada lomba.

Rizal juga mengatakan masyarakat kala itu begitu antusias ingin memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang berhasil diperjuangkan dengan cara yang menyenangkan.

Bahkan presiden pertama Indonesia, Soekarno.  kata Rizal, adalah salah satu orang yang paling bersemangat dengan lomba 17 Agustus ini. Inilah yang membuat tradisi lomba 17 Agustus semakin menyebar luas di seluruh Tanah Air dan bertahan sampai sekarang.

Penulis : Harmeno

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password