Peredaran Narkoba di Jogja, Barang Haram Disuply dari Luar DIY

tribratanews.polri.go.id. -Jogja, dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang merupakan momen special guna menyadarkan rakyat Indonesia untuk ikut mensukseskan Indonesia Bebas Narkoba, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini menggelar press release terkait data ungkap kasus Polda DIY selama bulan Januari sampai Juni 2017 (semester 1) yang dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti, Selasa (15/8/2017).

Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan langsung oleh Dirresnarkoba Polda DIY Kombes Pol Drs. R. Andria Martinus, S.H., M.H., Kabidhumas Polda DIY AKBP Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., Perwakilan BNNP DIY AKBP Mujiyono, Perwakilan Pengadilan Tinggi Bagum DIY Agung Sapto  dan BP POM DIY Sudiyanto, SH. di halaman Ditresnarkoba Polda DIY.

Polda DIY selama satu semester ini telah menyita beberapa barang bukti yaitu Ganja sebanyak 452,16 grm, Ekstasi 14 butir, Shabu 572,023 grm, Psikotropika 5.810,5 butir dan bahan berbahaya 15.245 butir dan 661 botol, namun barang bukti tersebut tidak dimusnahkan tetapi diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) guna kepentingan penuntutan dan persidangan. Adapun barang bukti yang dimusnahkan yakni Narkotika jenis Tembakau Super (Gorilla) seberat 176,70 grm, Obat berbahaya 1000 butir Pil jenis HEXYMER, dan Miras bebagai merk sebanyak 1.629 botol, 40 bungkus plastik dan 33 liter.

Dalam keterangan persnya, Dir Resnarkoba Kombes Pol Drs. R. Andria Martinus menyampaikan bahwa wilayah Yogyakarta belum ditemukan Bandar-bandar Narkoba, diambil dari pengusutan beberapa kasus yang telah ditangani, bahwa suply barang haram tersebut dari luar wilayah Yogyakarta.

“Banyak yang di wilayah Yogyakarta ini hanya pengguna atau pemakai,” jelasnya.

Dir Resnarkoba juga menambahkan ada indikasi modus baru terhadap peredaran ini, ada permen yang dicurigai mengandung narkoba dan perlu diwaspadai bagi penggemar pavor, dicurigai pula terdapat kandungan yang sama yakni ada narkobanya.

“Dalam hal ini petugas masih melakukan penyelidikan, benar atau tidaknya informasi tersebut, namun perlu kewaspadaan bagi masyarakat,” tegasnya.

Dengan adanya kegiatan pelaksanaan pemusnahan barang bukti tersebut sebagai bukti wujud nyata, perang terhadap Narkoba guna menggulangi beredarnya Narkoba dan menghapuskan barang berbahaya, selain itu untuk menghindari penyusutan dan pencurian terhadap barang bukti. Pelaksanaan pemusnahan barang bukti ini juga dilaksanakan serentak di seluruh Polda di Indonesia

penulis : Wardana RendRa
editor : Umi Fadilah
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password