Di Barito Kuala Kalsel, Materi Lalu Lintas Masuk Pelajaran Sekolah

Tribratanews.polri.go.id, Polres Barito Kuala – Satuan Lalu Lintas Polres Barito Kuala melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan sekolah terkait integrasi pengetahuan lalu lintas.

Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Kasat Lantas Polres Barito Kuala, AKP Winda Adhiningrum, SH., S.I.K dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala, Sumarji S,Pd M,AP di SMPN 1 Marabahan, Senin (14/8/2017) sekitar pukul 07.30 Wita.

“Kita sudah ada MoU dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Kuala untuk memasukkan materi lalu lintas di sekolah,” jelas Kasat Lantas Polres Batola AKP Winda Adhiningrum.

Ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa, juga sebagai upaya preventif dan preemtif kepada anak sekolah agar lebih memahami aturan lalu lintas dalam pelaksanaan di sekolah. Selain itu, Sat Lantas juga memberikan praktik safety riding, sehingga para siswa mempunyai gambaran bagaimana cara berkendara yang aman.

Sat Lantas, lanjutnya, mengapresiasi penandatangan tersebut sebagai bentuk peran serta sekolah dan pelajar dengan harapan menjadi momentum perubahan mindset keliru yang terlanjur terbiasa didengar bahwa tugas menjaga keselamatan lalu lintas di jalan raya semata-mata dibebankan kepada organisasi kepolisian.

Setelah perjanjian tersebut ditandatangani, nantinya Sat Lantas dan sekolah akan menyusun teknis kegiatan secara bersama-sama, sehingga pada akhirnya para pelajar dapat memahami konsekuensi hukum melakukan pelanggaran lalu lintas. Dan yang terpenting di atas semua itu terbentuknya mindset baru,  di mana tadinya patuh karena takut, berubah menjadi patuh karena malu.

“Tanamkan budaya malu, ini istimewa bagi kami. Iman dan malu bergandengan menjadi satu,” pungkasnya.

Penulis : Sayid
Editor : Umi Fadilah
Publish : Lois Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password