Berjasa Bangun Pramuka, Wali Kota Fasha di Anugerahkan Lencana Jasa Melati

Tribratanews.polri.go.id – Polresta Jambi- Semangat untuk terus memacu motivasi generasi muda penerus bangsa di Kota Jambi untuk berkreasi secara positif melalui gerakan pramuka, terus di galakkan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha dalam kepemimpinanya membangun Kota Jambi.

IMG-20170814-WA0788Wali Kota Fasha yang juga sebagai
Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Jambi, senantiasa mencurahkan pemikirannya untuk terus bersinergi dan berkreasi dengan berbagai pihak dalam mensukseskan dan memajukan gerakan pramuka di Kota Jambi.

IMG-20170814-WA0787Berkat dedikasi dan semangat luar biasa yang telah ditunjukkan Wali Kota Fasha dalam memajukan gerakan Pramuka di Kota Jambi, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Senin (14/8), menganugerahkan Lencana Jasa Melati Pramuka kepada Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Pengalungan Lencana Jasa Melati Emas tersebut langsung dilakukan oleh Ketua Kwarnas Pramuka DR. Adhyaksa Dault di hadapan 15 ribu peserta Raimuna Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.
Penghargaan yang diterima oleh Wali Kota Fasha dalam kepramukaan tahun ini sejatinya adalah yang kedua kalinya diterima oleh dirinya sebagai Kamabicab. Pada tahun 2015 lalu, Wali Kota Fasha juga telah menerima penghargaan Lencana Dharma Bhakti Bidang Pramuka, atas jasanya telah mengembangkan dunia kepanduan Pramuka di Kota Jambi.

Kegiatan yang bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke 56 tahun 2017 dan Pembukaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017, tersebut, turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Mantan Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri, Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, Pimpinan Lembaga Negara dan seluruh pengurus pramuka se Indonesia.

Dengan mengambil tema “Untuk masa depan Indonesia kreatif inovatif berkarakter (Kibar), kegiatan tersebut diikuti oleh 15 ribu anggota Pramuka dengan rentang usia 16 s.d. 25 tahun yang berasal dari 35 provinsi dan 514 kota/kabupaten se-Indonesia dan beberapa negara sahabat.

Kata Raimuna yang berasal dari bahasa Ambai Yapen Papua, secara harfiah memiliki makna yaitu kelompok orang yang berkumpul bersama dengan segala daya kekuatan yang baik untuk mencapai tujuan bersama. Para peserta Raimuna akan mengikuti berbagai pelatihan kecakapan kepramukaan dan pengetahuan lain untuk menghadapi tantangan global.

Selain itu kegiatan tersebut juga menjadi wadah untuk menyatukan segala perbedaan untuk menjadi kekuatan, membangun jaringan antar gerakan pramuka dan mempersiapkan generasi pramuka menjadi pemimpin masa depan, garda terdepan penjaga Pancasila dan NKRI.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa gerakan Pramuka pada hakikatnya harus senada dengan makna dari kepanjangan Pramuka tersebut, yaitu Praja Muda Karana yang memiliki pengertian jiwa muda yang suka berkarya.

“Geneasi muda Pramuka adalah generasi millenial, generasi Y, generasi yang memiliki cara berpikir yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Pramuka haruslah adaptif dengan kemajuan teknologi, kreatif, inovatif, jangan berpikir linear, dan monoton. Pramuka adalah generasi yang unggul, hebat, kreatif dan jiwa petarung”. Ujarnya.

Senada dengan pernyataan Jokowi, Wali Kota Fasha juga berharap generasi muda yang tergabung dalam gerakan Pramuka, senantiasa menjadi generasi muda yang kekinian, cinta tanah air dan bangga akan bangsanya.

Fasha juga mengajak gerakan Pramuka untuk senantiasa berkreasi, berkarya, kreatif dan produktif, sedari dini menanamkan nilai semangat membangun dan memberikan yang terbaik bagi daerah maupun bangsa Indonesia.

“Gerakan Pramuka adalah gerakan yang menanamkan nilai semangat perjuangan pada generasi muda sejak dini, oleh karena itu semangat perjuangan juga harus kita arahkan untuk membangun daerah dan bangsa, dimulai dari diri sendiri dan dari sekarang, guna menciptakan generasi terbaik dimasa yang akan datang.” Ujar Fasha

Wali Kota Fasha juga mengungkapkan bahwa penganugerahan Lencana Jasa Melati Pramuka tersebut juga merupakan hadiah bagi gerakan Pramuka di Kota Jambi dan masyarakat Kota Jambi pada umumnya.

“Lencana Jasa Melati ini kami terima sebagai Kamabicab Pramuka Kota Jambi. Ini adalah apresiasi kepada adik-adik pramuka dan seluruh gerakan pramuka yang ada di Kota Jambi dan masyarakat Kota Jambi yang senantiasa mendukung gerakan pramuka di Kota Jambi. Kita harapkan gerakan Pramuka jadi fondasi dalam membangun Kota Jambi, Provinsi Jambi dan Indonesia, sehingga kedepannya Indonesia menjadi negara yang hebat dan kuat.” Pungkas Fasha.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota Fasha juga berkesempatan mengunjungi stand pameran Kwarda Jambi yang ikut ambil bagian pada Raimuna Nasional tahun ini. Selanjutnya Wali Kota Fasha juga mengunjungi camp perkemahan pramuka Kota Jambi.

Sambutan meriah dan rasa bahagia pun terpancar dari anggota pramuka Kota Jambi tersebut. Wali Kota Fasha pun memanfaatkan momen akrab tersebut untuk berbagi pengalaman dan memotivasi kepada anggota pramuka Kota Jambi.

Fasha pun berharap, peserta Raimuna kontingen Kota Jambi dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menggali sebanyaknya pengalaman berharga dan membangun jaringan persaudaraan antar sesama anggota pramuka se-Indonesia.

“Kesempatan seperti ini merupakan momen langka yang tidak dapat dirasakan oleh semua generasi muda yang ada di Kota Jambi. Oleh karena itu gunakanlah kesempatan berharga ini dengan baik, cari ilmu dan pengetahuan sebanyaknya, bangun koneksi untuk masa depan, serta tanamkan karakter yang tangguh dalam menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. Masa depan adalah milik kalian yang mempersiapkan sejak dini.” Pesan Fasha

Penulis: Tim

Editor: Umi Fadulah

Publish: Alam / Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password